Call for Papers LPM Edukasi UIN Walisongo 2015

Deadline 3 Agustus 2015
Call for Papers
LPM Edukasi-ICES Semarang

 “Transformasi Guru Berkualitas
Menuju Indonesia Cerdas, Berkarakter dan Berintegritas”

Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu mengembangkan kualitas pendidikanya, karena pendidikan memegang peranan penting dalam membangun peradaban sebuah negara. Berbicara tentang pendidikan, berarti kita sedang membicarakan masa depan sebuah bangsa dalam prospek jangka panjang, dan salah satu aktor penting dalam kesuksesan pendidikan, yaitu guru.
Guru sejati sebenarnya adalah berwatak pandita, yaitu mampu menyampaikan kehendak Tuhan dan membawa keselamatan bagi umat manusia. Seorang pendidik yang baik, tidak hanya efektif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas saja (transfer of knowledge), tetapi lebih-lebih dalam relasi pribadinya dan “modeling”nya (transfer of attitude and values). Suasana yang penuh cinta (unconditional love), hati yang penuh pengertian (understanding heart) serta relasi pribadi yang efektif (personal relationship) mampu menjadikan pendidikan lebih manusiawi. Oleh karena itu bagi Ki Hajar Dewantara pendidikan yang sejati harus mampu “educate the head, the heart, and the hand.
Namun kiranya masih terdapat problematika mengemuka tentang guru, yang dapat dipandang dari beragam perspektif, sperti filsafat, nalar, orientasi, karakter, kompetensi, sertifikasi hingga pedoman dan gaya hidup guru era sekarang. Masalah-masalah tersebut kiranya urgen untuk menjadi perhatian bersama agar mampu mewujudkan pendidikan yang lebih baik. Transformasi guru menjadi pendidik yang berkualitas dan berwatak pandita diperlukan untuk mewujudkan generasi bangsa yang cerdas, berkarakter dan berintegritas.
Memotret berbagai fenomena tentang guru tersebut, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi UIN Walisongo dan The Institute of Culture and Education Studies (ICES) Semarang mengundang mahasiswa, guru, akademisi, peneliti, pemerhati pendidikan dari berbagai disiplin ilmu untuk berkumpul mendiskusikan apa yang sebenarnya terjadi dengan guru Indonesia.
Panitia menanti abstrak berbahasa Indonesia atau Inggris maksimal 300 kata yang dikirimkan melalui surel mail@lpm.edukasi.com selambatnya tanggal 3 Agustus 2015. Para pemakalah tidak dikenakan biaya, dan mendapatkan seminar kit, prosiding, serta konsumsi. Pemakalah yang berasal dari luar kota diharapkan menyediakan akomodasinya sendiri. Para pemakalah dengan tulisan-tulisan terbaik akan diterbitkan dalam Jurnal nasional untuk pendidikan yang diterbitkan oleh LPM Edukasi UIN Walisongo dan ICES Semarang.

Tanggal Penting
1.   Batas pengiriman abstraksi : 10 Juni 2015 - 3 Agustus 2015
2.   Pengumuman abtraksi yang diterima : 10 Agustus 2015
3.   Batas pengiriman makalah : 24 Agustus 2015
4.   Pelaksanaan seminar : 12 – 13 September 2015

Sekretariat: Gedung PKM Lantai 2 Kampus II UIN WalisongoJl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Ngaliyan 50158 Email: mail@lpmedukasi.com. Twitter: @LPM_edukasi. FB: LPM Edukasi Website: www.lpmedukasi.com

Contact Person: 085878644197 (Basuki), 089670452431 (Yuliz)


Ketentuan Penulisan Makalah
1.    Makalah sesuai dengan substansi tema yang diangkat oleh panitia
2.    Makalah merupakan karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan pada media penerbitan apapun
3.    Panjang makalah antara 10-15 halaman, dan bukan merupakan karya yang memuat unsur-unsur plagiarism.
4.    Format makalah bisa dalam bentuk file word maupun pdf.
5.    Font yang digunakan yaitu Times New Roman 11 dengan spasi 1,5 pada kertas ukuran A4 dengan margin kiri 2,5 cm atas, bawah dan kanan 2 cm.
6.    Data diri (CV) dilampirkan saat mengirimkan makalah kepada panitia
Formulir pendaftaran sebagai pemakalah dapat diunduh di sini

Web penyelenggara: http://lpmedukasi.com/
info ini dikirimkan oleh

Muafa Elba


NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo Like Fb kami: info lomba