Jornal.is.me (Kompetisi Artikel, Fotografi, Video Liputan)


Jornal.is.me merupakan event yang diadakan oleh talent Jurnalistik Bengkel Seni Embun Institut Manajemen Telkom, Bandung pada tahun 2012 ini. Event ini berbentuk kegiatan kompetisi skala nasional secara online, yang meliputi lomba penulisan artikel, fotografi, dan video liputan serta akan ditutup dengan sebuah talkshow inspiratif. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi pemuda di bidang Jurnalistik, baik tertulis, visual, maupun audio visual. Perlombaan dimulai tanggal 1 Agustus-15 Oktober 2012.
Sebagai penutup rangkaian kompetisi ini, akan diadakan sebuah talkshow inspiratif,  bertema “Nasionalisme” dengan mengusung tagline “Living for Inspiring, who Is Your Hero?” bertepatan dengan diperingatinya Hari Pahlawan pada 10 November .
Hadiah
  1. Juara I       : Sertifikat + Plakat + Uang Tunai + Souvenir
  2. Juara II      : Sertifikat + Plakat + Uang Tunai + Souvenir
  3. Juara favorit (untuk foto dan video)  : Sertifikat + Plakat + Uang Tunai + Souvenir
Ketentuan Umum
  1. Peserta merupakan warga negara Indonesia berusia 15-25 tahun (ditunjukkan dengan KTP)
  2. Peserta terdiri dari individu, kecuali untuk lomba video liputan, peserta boleh individu maupun tim yang terdiri dari maksimal 3 orang.
  3. Peserta wajib follow akun twitter @journal_is_me , selanjutnya info bisa didapatkan melalui akun twitter ini, selain melalui blog journalismeimt.wordpress.com
  4. Peserta melakukan pendaftaran, pembayaran, dan pengumpulan karya paling lambat tanggal 15 Oktober 2012. Pembayaran sebesar Rp 25.000,00 untuk masing-masing artikel maupun foto dan Rp 50.000,00 untuk masing-masing video liputan, ditransfer melalui nomor rekening 132-000-719-2850 Bank Mandiri cabang Setiabudhi, Bandung atas nama Puji Astuti Rezky
  5. Tema artikel, foto, maupun video liputan yang dilombakan adalah “Nasionalisme” dan mengusung tentang kepahlawanan, dengan tagline “Living for Inspiring, Who Is Your Hero?”
  6. Peserta bebas mengeksplore makna “hero” dalam karya yang dibuatnya.
  7. Karya yang dilombakan merupakan karya pribadi yang orisinil dan tidak pernah diikutsertakan dalam lomba apapun, atau diterbitkan di media manapun, sesuai tema, mudah dilihat, menarik, bermanfaat, bermakna, jelas dan tidak menyinggung SARA serta tidak berbau pornografi.
  8. Peserta boleh mengikuti lebih dari satu kategori lomba dengan tetap mengikuti prosedur pendaftaran dan pembayaran yang ditentukan. Maksimal 2 karya untuk masing-masing kategori.
  9. Panitia berhak menggunakan karya untuk keperluan promosi event dan pameran pra acara talkshow Journal.is.me
  10. Sepuluh besar peserta untuk masing-masing kategori, akan mendapatkan sertifikat online dari panitia
  11. Pemenang akan diumumkan di blog dan twitter pada tanggal 4 November 2012. Pemenang bersedia hadir di puncak acara Journal.is.me pada tanggal 10 November 2012 untuk penyerahan hadiah.
  12. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran lomba, peserta bisa mengunjungi journalismeimt.wordpress.com atau mention langsung ke @Journal_is_me. Bisa juga langsung menghubungi contact person Ahimsa (0852 9196 1626)
Ketentuan Khusus
Kategori Artikel
  1. Artikel terdiri dari 800-1000 kata
  2. Tema mengikuti tema umum, yakni Nasionalisme dan hero
  3. Artikel diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dan margin justified, spasi 1,5. Sertakan biodata diri (nama, tempat, tanggal lahir, asal universitas/ asal daerah, no hp, email, dll) dalam halaman terpisah namun tetap satu file dengan artikel.
  4. Artikel dikirim dalam bentuk pdf (tidak dikunci) bersama dengan bukti transfer pembayaran dan scan KTP ke email redaksijurnalistik@gmail.com dengan subjek dan nama file Journalisme_Artikel_Judul.
Kategori Fotografi
  1. Ukuran foto adalah A3 (12 R)
  2. Format foto .jpg/ .jpeg tanpa watermark dengan ukuran sisi terpendek minimal 2000 pixel dan resolusi 300 dpi.
  3. Menyertakan scan KTP dan data diri (nama, umur, asal daerah/ universitas/ sekolah, no hp, serta deskripsi singkat tentang foto) dalam bentuk .doc
  4. Foto dan data diri serta scan KTP disimpan dalam satu folder dan dikirim dalam format .rar
  5. Foto dikirim ke email redaksijurnalistik@
gmail.com dengan subjek email dan nama file Jurnalisme_Fotografi_Judul/
Nama
Kategori Video Liputan
  1. Video yang dibuat berdurasi maksimal 8 menit
  2. Video berisi tentang liputan sosok hero menurut peserta. Peserta bebas mengeksplore makna hero dalam video liputan yang dibuat.
  3. Video liputan yang dibuat diupload ke youtube dengan format judul: “Who Is Your Hero (Judul Video) (Nama kamu/ Nama Kelompok)”, misal “Who Is Your Hero Nenekku Pahlawanku Cherrybelle”.
  4. Link video bersama bukti transfer dan scan KTP masing-masing anggota dikirim ke email redaksijurnalistik@gmail.com dengan subyek email Journalisme_Video_Judul dan mentionke @journal_is_me.

  • Peserta boleh mempublikasikan link youtube untuk mendapatkan viewers terbanyak.
  • Viewers terbanyak akan mendapatkan predikat sebagai juara favorit.
  • Note: Video tidak lebih dari 2GB dengan format video tepat (WebM, MPEG4, 3GPP, MOV, AVI, WMV, FLV, MPEGPS)

  • NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber dengan backlink ke blog info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo