Lomba Esai Nasional PGSD Wates

Deadline: 30 Mei 2015


Tema             
Benahi Pendidikan Indonesia, Wujudkan Insan Unggul 

Deskripsi                                    
Setiap tanggal 20 Mei, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Peringatan ini harusnya menjadi pengingat bangkitnya rasa semangat dari bangsa Indonesia. Semangat tersebut diwujudkan dengan meningkatkan persatuan, kesatuan, dan nasionalisme terhadap negara Indonesia. Selain itu, juga dibutuhkan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan RI. Perjuangan tersebut dilaksanakan dengan menata dan membenahi segala bidang. Salah satu bidang tersebut ialah pendidikan. Saat ini pendidikan Indonesia masih tertinggal dari bangsa lain. Sehingga bangsa Indonesia perlu membangkitkan rasa semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk mewujudkan insan unggul. Oleh karena itu, pendidikan sebagai cakrawala dunia diharapkan dapat menjadi wahana dalam mengantarkan Indonesia dalam Indonesia yang lebih baik. Agar tercipta insan unggul yang akan mewujudkan tujuan nasional. Kami dari Himpunan Mahasiswa PGSD UNY Kampus Wates menantang para insan unggul Indonesia untuk menuangkan idenya dalam bentuk esai untuk turut andil dalam memajukan pendidikan Indonesia demi tercapainya Indonesia hebat.

Ketentuan Peserta dan Syarat Pendaftaran
  1. Peserta adalah mahasiswa aktif D3/S1 perguruan tinggi di Indonesia dibuktikan dengan melampirkan scan kartu tanda mahasiswa ke dalam file esai.
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000,00 dan ditransfer ke a.n. Mery Marlina BRI Cabang Pengasih dengan nomor rekening 6942-01-010793-53-8 
  3. Esai yang dikirimkan adalah hasil karya sendiri, belum pernah dipublikasikan maupun dilombakan dan peserta hanya diperbolehkan mengirim satu esai dalam bentuk pdf.
Mekanisme Seleksi
  1. Peserta melakukan pendaftaran dan pembayaran paling lambat tanggal 30 Mei pukul 21.00 WIB. 
  2. Peserta melampirkan bukti pembayaran, scan KTM dan file esai ke alamat  Lombaesaipgsd@gmail.com dengan subjek ESAIPGSD4_Nama Penulis_Asal Universitas. 
  3. Peserta melakukan konfirmasi pengiriman esai melalui SMS dengan format ESAIPGSD4_Nama Penulis_Asal Universitas ke Roh Dinia Wati (085702633123) atau Ika Suswanti (085743418618). 
  4. Pengiriman naskah bisa dimulai pada tanggal  12 Mei 2105 sampai paling lambat 5 Juni 2015 pukul 23.59 WIB. 
  5. Pengumuman pemenang pada tanggal 14 Juni 2015 dapat dilihat di blog/fb/twitter dan panitia juga mengirimkan ke e-mail pemenang. 
  6. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
Ketentuan Penulisan Esai
  1. Esai ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Jenis huruf  Times New Roman ukuran 12 pt spasi 1.5, margin 4,3,3,3 cm, kertas A4, rata kanan-kiri (Justify). 
  2. Panjang esai 4-5 lembar. (belum termasuk daftar pustaka). 
  3. Hasil karya dikirimkan dalam format PDF dengan melampirkan bukti pendaftaran, formulir pendaftaran dan SCAN KTM ke alamat email Lombaesaipgsd@gmail.com dengan subjek ESAIPGSD4_Nama Penulis_Asal Universitas.  Formulir pendaftaran dapat di download di http://www.4shared.com/file/xXR4vQ0rce/FORMULIR_PENDFTARAN_ESAI.html. 
  4. Naskah yang dikirim menjadi hak milik panitia dengan hak cipta tetap pada penulis. 
  5. Judul esai harus mengacu pada tema. 
  6. Esai ditulis sesuai sistematika penulisan yang telah ditetapkan.

Sistematika Penulisan
  1. Judul Esai 
  2. Nama Penulis (tanpa identitas perguruan tinggi) 
  3. Isi Esai 
  4. Mencantumkan Daftar Pustaka
Kriteria penilaian
  1. Kesesuaian tema dengan isi 
  2. Pilihan kata 
  3. Inovasi atau gagasan

Hadiah dan Penghargaan:
  1. Juara 1 : Uang pembinaan + Piagam penghargaan 
  2. Juara 2 : Uang pembinaan + Piagam penghargaan 
  3. Juara 3 : Uang pembinaan + Piagam penghargaan
NB : Semua peserta akan mendapatkan e-sertifikat yang akan dikirimkan melalui email.

Informasi:
Dini : 085702633123
Ika : 085743418618

website: http://pgsdkampuswates.blogspot.com/
facebook: Esai Nasional Pgsd Wates
twitter: @pgsdwates

info ini dikirimkan oleh Lutfi Abdillah

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo Like Fb kami: info lomba