LKTI Undip Science Fair 2013

Deadline 10 Oktober 2013


Tema                      : Inovasi Ramah Lingkungan untuk Proyek Pembangunan Bangsa
Topik                      : Lingkungan, Kesehatan, Energi Terbarukan, Pangan, Teknologi
Waktu (FINAL)     : 24 November 2013
Tempat                   : Gedung Prof. Sudharto Undip, Tembalang
Bentuk Acara        : 
         Perlombaan Karya Tulis Ilmiah siswa tingkat mahasiswa seluruh Indonesia yang bertujuan untuk menemukan ide – ide cemerlang para saintis muda. Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional dengan tema “Inovasi Ramah Lingkungan untuk Proyek Pembangunan Bangsa”  merupakan  salah  satu  event  kompetisi  ilmiah  yang  menjadi serangkaian  acara  Undip Science Fair dalam rangka memperingati hari jadi FSM Undip Lustrum ke - 5.  Karya merupakan inovasi kreatif mahasiswa Indonesia yang dibuat berdasarkan analisis dan data yang terpercaya. Hasil karya  ini  diharapkan  menjadi  dasar  pemikiran  kedepan  dan  sebagai  solusi  permasalahan saat ini. Perlombaan LKTI ini akan dinilai oleh para juri yang sudah berpengalaman dalam memunculkan ide – ide inovatif bagi teknologi tepat guna untuk Indonesia.

Persyaratan Peserta :
  1. Kompetisi ini terbuka bagi mahasiswa S1 atau Diploma perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia dan masih berstatus  mahasiswa aktif (dibuktikan dengan KTM). 
  2. Setiap tim terdiri dari 3-4 orang mahasiswa (boleh dari disiplin ilmu yang berbeda) dari universitas yang sama, dimana salah satu anggota Tim merupakan mahasiswa dari fakultas/bidang sains.
  3. Setiap Tim dipandu boleh dipandu oleh satu dosen pembimbing dari Universitas yang sama (tidak diwajibkan memiliki dosen pembimbing).
  4. Satu tim hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 karya (Ketua Tim berbeda). 
  5. Setiap mahasiswa diperbolehkan mengirimkan maksimal 3 karya dalam tim yang berbeda.
  6. Tulisan yang dikirimkan harus asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
 Proses Pengiriman dan Proses Seleksi Karya Tulis


     1.   Proses Pengumpulan Abstrak
  • Setiap Tim mengirimkan abstrak karya tulis dengan Bahasa Indonesia (dilengkapi halaman biodata tim) yang dikirim ke alamat email lktiusf@gmail.com maksimal tanggal 10 Oktober 2013 (GRATIS).
  • Peserta yang mengirimkan Abstrak melalui  e-mail  harus memberikan konfirmasi ke panitia melalui sms, dengan  format sebagai berikut: LKTI_Nama PT_Nama Depan Ketua (CP : Yunisa 085643846347).
  • Tim yang lolos seleksi abstrak di umumkan pada tanggal 20 Oktober 2013.


     2. Proses Pengumpulan Karya Tulis (Lolos Seleksi Abstrak)
  • Pengiriman Karya Tulis  Ilmiah disertai dengan formulir pendaftaran dan  surat pernyataan  orisinalitas (format terlampir).
  • Softcopy  dikirim dengan format  .pdf  melalui email lktiusf@gmail.com  dengan format ->  Nama Ketua Tim_Asal Perguruan Tinggi_Judul. 
  • Peserta yang mengirimkan karya tulis melalui  e-mail  harus memberikan konfirmasi ke panitia melalui sms, dengan  format sebagai berikut: LKTI_Nama PT_Nama Depan Ketua. 
  •  Contact Person Panitia : Yunisa (085643846347)
  •  Pengiriman naskah disertakan dokumen :
a.       Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) masing-masing anggota 1 buah. 
b.      Scan/foto bukti pembayaran pendaftaran.
  • Karya adalah karya sendiri/orisinil,  belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media mana pun, belum pernah diikutsertakan dan dipresentasikan dalam perlombaan sejenis,  (disertai pernyataan tertulis dalam surat pernyataan dengan disertai materai Rp 6.000,-
  • Tim yang lolos seleksi abstrak membayar biaya registrasi ulang sebesar Rp. 100.000,-/naskah dikirim melalui rekening Bank Mandiri nomor Rekening : Mandiri atas nama AmirudinKCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 136-00-014195-10 atau BNI 46 atas nama Anisa NurinaKCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 0258198881 atau BTN atas nama Andhica Surya Anggara dengan Nomor Rekening00175-01-61-013897-1
  • Karya tulis dan pembayaran sudah diterima panitia paling lambat (deadline) 3 November pukul 23.59 WIB.
  • Melakukan konfirmasi pembayaran dengan format : Nama Ketua_Judul_Asal Universitas ke panita. 


     3.  Proses Seleksi Karya Tulis
  • Seleksi dan penilaian dilaksanakan secara berjenjang yaitu babak seleksi abstrak, kualifikasi (desk evaluation) dan babak final melalui proses : Seleksi kelengkapan administrasi..
  • Seluruh karya tulis yang terdaftar sesuai persyaratan yang ditentukan oleh dewan juri.
  • (Lima belas) tim finalis terpilih wajib mempresentasikan karyanya untuk menentukan juara I, II, dan III yang secara langsung akan ditentukan oleh ketiga dewan juri..
  • Pengumuman Finalis LKTI yang berjumlah 15 tim akan disampaikan oleh panitia pada tanggal 16 November 2013  melalui telepon, email, dan dipublikasikan di blog atau website USF FSM Undip
  • Presentasi, pengumuman dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada tanggal 23 -24 November 2013.
  • Panitia tidak menerima surat menyurat dalam proses seleksi. Namun, menerima pertanyaan yang mungkin diperlukan. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat (bersifat mutlak)
More Info:
http://www.undipsciencefair.org/
https://twitter.com/USF_UNDIP_2013
http://bem.fsm.undip.ac.id/

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo