Global Material and Metallurgy Photographic Contest


Lomba ini berasal dari  serangkaian acara MMF 2011 Material Metallurgy Fair 2011 yang diadakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Metalurgi dan Material se-Indonesia (PM3I)
Global Material and Metallurgy Photographic Contest
dengan tema :
“ Fenomena Material dan Metalurgi di sekitar kita ”
Tema ini dapat dikembangkan dan diinterpretasikan seluas-luasnya, namun demikian dengan tetap berada dalam cakupan keilmuan program studi Material dan Metalurgi (misalnya, mengenai kegagalan material atau pemrosesan) tetapi juga tetap memperhatikan faktor estetikanya.
  • Peserta
Pelajar, mahasiswa, dan umum
  • Ketentuan Lomba:
  1. Foto merupakan kejadian yang sebenarnya
  2. Pemotretan dilakukan dengan media digital
  3. Hasil karya bersifat perorangan
  4. Hasil karya asli dari peserta dan belum pernah menjuarai perlombaan sejenis
  5. Setiap foto merupakan karya asli dan isinya menjadi tanggung jawab peserta lomba
  6. Olah digital hanya diperbolehkan sebatas Basic Editing (photoshop brightness/contrast, levels, hue/saturation, cropping tidak diijinkan lebih dari 30% foto asli dan framing)
  7. Caption (deskripsi singkat mengenai foto dan aspek keilmuan yang ditunjukkan) ditulis dalam selembar kertas dengan paper size A4 ; line spacing 2 ; font Times New Roman 12 ; margin atas 4cm ; bawah 3cm ; kanan 3cm ; kiri 4cm. maksimal 100 kata
  8. Data kamera dan foto sebaiknya dilampirkan (untuk share pembelajaran); jenis kamera, diafragma, shutter speed, jenis lensa (optional), serta informasi lain jika ada
  9. Peserta wajib mendaftarkan diri sebelum menyerahkan karyanya. Formulir pendaftaran dapat langsung di-download di website www.mmfair.com
10.  Peserta membayar biaya pendaftaran lomba sebesar Rp 50.000,00/ orang yang ditransfer ke rekening panitia MMFAIR 2011 (pada slip setoran dicantumkan ”Pembayaran GRAPHIC MMFAIR 2011”).
Bank Mandiri Cabang Surapati ; Nomor Rekening 131-000-799-1831
a.n. Astrid Nadya Anggraini. MTM ITB.
BNI Cabang ITB Bandung ; Nomor Rekening 01-531-60-549
a.n. Astrid Nadya Anggraini.
11.  Hasil karya harus dilengkapi dengan fotokopi kartu identitas atau kartu pelajar yang masih berlaku dan mencantumkan alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi
12.  Foto dikirimkan dalam bentuk hardcopy satu (1) rangkap ukuran 10R dan softcopy dalam satu CD menggunakan amplop cokelat folio dengan ditulis pada pojok kiri atas:
“GRAPHIC 2011”
13.  Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
14.  Semua hasil karya yang telah dikirimkan tidak akan dikembalikan dan sepenuhnya menjadi milik panitia untuk digunakan sebaik-baiknya.
15.  Pengumpulan formulir, caption, dan foto asli (hardcopy) beserta softcopy-nya (CD) disertai bukti pembayaran dimulai pada tanggal 1-23 September 2011 (cap pos) dan dikirimkan ke:
Sekretariat Mahasiswa Teknik Material
Institut Teknologi Bandung
Jalan Ganeca 10, Bandung. Labtek X, lt.1
16.  Pengumpulan formulir, caption, dan foto asli (softcopy) beserta scan bukti pembayaran dimulai pada tanggal 1-23 September 2011, wajib dikirimkan ke:
lombammfair@yahoo.com
17.  Semua hasil karya yang diterima panitia akan diseleksi oleh juri di kota Bandung dan karya terbaik akan menerima undangan untuk menghadiri acara puncak MMFair 2011 yang akan diselenggarakan selama 2 hari, yakni pada tanggal 11-12 November 2011.
18.  Selanjutnya, setiap hasil karya lomba dari para finalis akan dipamerkan dalam Pameran Karya MMFair 2011 dan peserta akan mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya dalam acara tersebut.
  • Juri
Hafidz Novalsyah (fotografer National Geographic Indonesia)
  • Kriteria Penilaian
1. Keaslian hasil karya dari peserta
2. Kesesuaian dengan tema dan kreativitas
3. Faktor estetika dari foto
4. Eksplorasi ide dalam caption
  • Hadiah Lomba
Juara I :           Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah) + Sertifikat
Juara II :          Rp. 2.000.000.- (dua juta rupiah) + Sertifikat
Juara III :        Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) + Sertifikat
Sumber info Lomba: http://mmfair.com/acara/perlombaan/graphic/