PEKAN HUKUM NASIONAL 2013

Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Studi dan Penelitian “Principium” Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (KSP “Principium” FH UNS) bersama dengan Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (IPMHI) mengadakan kegiatan “Pekan Hukum Nasional 2013” yang terdiri dari lima rangkaian kegiatan yakni: Lomba karya Tulis Mahasiswa piala bergilir Mahkamah Agung, Kompetisi Contract Drafting Nasional, Workshop Nasional, Konferensi Mahasiswa Hukum Indonesia (KMHI), dan Seminar Nasional.

Kegiatan Pekan Hukum Nasional 2013 ini bertemakan “Aksesibilitas Hukum bagi Rakyat Indonesia”
Klik Pamflet utk perbesar

1. Lomba Karya Tulis Mahasiswa Piala Bergilir Mahkamah Agung
Kegiatan Lomba Karya Tulis Mahasiswa piala bergilir Mahkamah Agung ini merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa hukum pada jenjang Strata-1 (S1) Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dalam mengembangkan bakat dan potensinya dalam bidang penulisan karya ilmiah. Pada LKTM MA 2013 ini mengambil tema “Semiotika Bantuan Hukum Bagi Rakyat Indonesia” yang dimaksudkan untuk memberikan ide serta gagasan kreatif mengenai pemberian bantuan hukum bagi rakyat Indonesia. Mahasiswa lebih khusus disini seorang mahasiswa fakultas hukum yang notabene digadang-gadang sebagai agent of change tidak bisa serta menutup mata terhadap fenomena pemberian bantuan hukum yang tidak merata. Hukum yang terkesan tajam ke bawah dan tumpul keatas memaksa kita sebagai mahasiswa hukum untuk mencari solusi konkrit yang dapat segera diaplikasikan untuk merubah status quo yang terjadi saat ini.
HADIAH :
Juara 1  : Rp 4.000.000. + Piala Bergilir Mahkamah Agung + Sertifikat + Piala Walikota Surakarta
Juara 2  : Rp 3.000.000. + Sertifikat + Piala Rektor Universitas Sebelas Maret
Juara 3  : Rp 2.000.000. + Sertifikat + Piala Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret

2. Kompetisi Contract Drafting Nasional
Sebagai seorang mahasiswa hukum, keterampilan untuk menyusun sebuah kontrak dan juga melakukan negosiasi terhadap kontrak yang telah mereka susun merupakan hal wajib yang perlu dikuasai oleh seorang sarjana hukum nantinya. Sebuah kontrak dibuat berdasarkan kasus posisi yang telah diberikan oleh panitia yang nantinya dapat diolah kembali secara lebih mendalam oleh para peserta. Tema kegiatan ini adalah “Mewujudkan Kontrak Pertambangan Berbasis Kesejahteraan Rakyat” dengan tahapan kegiatan kompetisi Contract Drafting Nasional ini meliputi pemberkasan, presentasi dan juga negosiasi kontrak yang dilakukan oleh peserta yang akan ditentukan oleh panitia untuk memperebutkan Juara 1 dan juga Juara 2 pada kompetisi ini. Keputusan dari dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
HADIAH:
Juara 1  : Rp 6.000.000. + Sertifikat + Piala Rektor Universitas Sebelas Maret
Juara 2  : Rp 4.000.000. + Sertifikat + Piala Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret

3. Workshop Nasional
Workshop Nasional yang akan diadakan merupakan rangkaian dari acara Pekan Hukum Nasional 2013 dengan mengangkat tema yang sama yakni “Mewujudkan Kontrak Pertambangan Berbasis Kesejahteraan Rakyat” Workshop bertujuan sebagai kegiatan pelatihan dan praktik pembuatan contract drafting yang akan dipandu oleh ahli dalam bidang contract drafting sebagai pemateri dan sebagai pembimbing dalam praktik pembuatan contract drafting. Selain itu, Workshop juga bertujuan untuk membuka kesadaran para akademisi serta mahasiswa pada khususnya tentang kondisi bangsa saat ini. Mahasiswa juga diharapkan lebih kritis terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan rakyat sekaligus mencari solusi yang tepat terhadap permasalahan yang ada. Workshop nasional ini juga dirancang agar menghasilkan mahasiswa sadar hukum yang peduli akan Negara Republik Indonesia untuk perubahan yang lebih baik.

4. Konferensi Mahasiswa Hukum Indonesia
Acara Konferensi Mahasiswa Hukum Indonesia, yang selanjutnya disingkat KMHI, dihadiri oleh delegasi dari anggota IPMHI yang berasal di beberapa Fakultas Hukum Universitas se-Indonesia. KMHI merupakan salah satu rangkaian acara Pekan Hukum Nasional 2013 yang membahas mengenai “Aksesibilitas Hukum bagi Rakyat Indonesia”. Selain itu, di dalam KMHI juga terdapat Musyawarah Nasional Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (MUNAS IPMHI) yang bertujuan untuk membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta Konstitusi IPMHI yang dilanjutkan dengan pemilihan Sekertaris Jendral (Sekjen) dan pengurus baru yang dipilih dari seluruh delegasi dari berbagai Fakultas Hukum Universitas se-Indonesia.

5. Seminar Nasional
Acara Seminar Nasional ini bertemakan “Aksesibilitas Hukum bagi Rakyat Indonesia” yang bertujuan sebagai sarana untuk berbagi ilmu dan pikiran serta mencari solusi tebaik antar akademisi, praktisi, dan mahasiswa hukum tentang aksesibilitas hukum bagi rakyat Indonesia. Seminar Nasional ini juga sebagai penutup dari rangkaian acara Pekan Hukum Nasional 2013 dan pengumuman pemenang berbagai Kompetisi.
Dalam Seminar Nasional ini, adapun pembicara yang akan diundang antara lain:
o Ketua MA : Dr. Muhammad Hatta Ali, SH., MH*
o Prof. Dr. Otto Cornelis Kaligis S.H., M. H*
Seminar Nasional ini ditujukan bagi mahasiswa Universitas Sebelas Maret, peserta PHN 2013, delegasi, serta umum.
*) dalam konformasi
Deadline Pendaftaran: 2 Mei 2013
Tanggal dan tempat Pelaksanaan: 10-16 Juni 2013 di Universitas Sebelas Maret, Solo.

Informasi Selengkapnya: 

Dapat dilihat melalui Official Account of Social Networking yang kami tampilkan 
Twitter: @PHN_2013 
Facebook: Pekan Hukum Nasional

CONTACT PERSON:
Diastama Anggita Ramadhan (083866039767)
Albertus Bambang Sulaksmono (085643892922)

info kiriman Resti Dian Luthviati via email
NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo