Accounting Competition tingkat SMA/MA se-Jawa Timur

Waktu dan tempat kegiatan
Accounting Competition diselenggarakan pada :
Hari : Sabtu
Tanggal : 19 Januari 2013
Tempat : Aula BAU - Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang


Bentuk Kegiatan
Acara dengan tema “Get Your Spirit With Accounting Competition“, diadakan khusus untuk siswa/i SMA/MA se-Jawa Timur. Materi yang akan diujikan adalah materi yang berhubungan dengan Ekonomi (Permintaan, Penawaran, GNP, Pasar Modal, Ketenegakerjaan, dan Pajak Umum)  serta Akuntansi (Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang). Acara ini terdiri dari tiga tahap : 
 
  • Tahap I (Multiple Choice)
Dalam tahap ini peserta AF akan diberi soal pilihan ganda/multiple choice sebanyak 50 soal ekonomi  dan akuntansi , peserta diberikan waktu sebanyak 60 menit untuk mengerjakan soal  tersebut. 
  • Tahap II (T2E)
Dalam tahap ini peserta akan diberikan lembar soal dan lembar jawaban. Lembar jawaban adalah kolom-kolom yang mirip untuk mengisi teka-teki silang. Jawaban dari soal nanti akan diisikan di kolom tersebut. Soal dibuat sebanyak 20 soal mendatar dan 20 soal menurun. Peserta diberikan waktu sebanyak 60 menit untuk menyelesaikan teka-teki ini.
  • Tahap III (Raise Your Answer)
Dalam tahap ini peserta akan diberi kertas yang sudah dijilid dan alat tulis untuk menjawab soal dari panitia. Nantinya peserta akan dibagi menjadi 3 kelompok besar. Disini peserta akan menjawab pertanyaan dengan nilai bertingkat. 15 pertanyaan akan dibacakan oleh panitia satu per satu. Pertanyaan dari panitia akan dibacakan secara langsung dan peserta wajib menjawabnya secara tertulis, peserta diberi waktu kurang lebih 2 menit untuk menjawab dan tidak ada pengulangan pertanyaan. Pertanyaan yang sudah terlewatkan atau belum terjawab oleh peserta tidak akan dibacakan ulang. Soal 1-5 mempunyai nilai 10 sedangkan 6-15 merupakan soal dengan nilai bertingkat. 
 
Nilai dari tahap 1 (multiple choice), tahap 2 (T2E) dan tahap 3 (raise your answer) akan diakumulasikan sebagai dasar penentuan juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1 dan 2.
 
Hadiah : 
Juara 1       : Uang tunai Rp 3.000.000,00 + Trofi + Piala gubernur + Piagam 
Juara 2       : Uang tunai Rp 2.000.000,00 + Trofi + Piagam 
Juara 3       : Uang tunai Rp 1.000.000,00 + Trofi + Piagam 
Harapan 1 : Uang tunai Rp 300.000,00 + Piagam
Harapan 2 : Uang tunai Rp 200.000,00 + Piagam
 
PERATURAN UMUM ACCOUNTING COMPETITION 2013
 
  1. Accounting Competition ini ditujukan untuk siswa/i aktif SMA/MA dan sederajat se-Jawa Timur.
  2. Tiap tim terdiri dari 2 (dua) orang dan keduanya harus sesuai dengan yang telah didaftarkan kepada panitia. Apabila ada perubahan anggota tim, perubahan harus dikonfirmasikan kepada panitia paling lambat 1 minggu (7 hari jam kerja)  sebelum pelaksanaan kompetisi. Apabila syarat ini tidak dipenuhi, panitia berhak mendiskualifikasi tim yang bersangkutan dari kompetisi tanpa pengembalian biaya pendaftaran. 
  3. Tiap SMA/MA dan sederajat diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 (Dua) tim. Pendaftaran akan ditutup setelah memenuhi kuota 50 tim. 
  4. Peserta wajib hadir 30 menit sebelum acara di mulai untuk melakukan registrasi ulang. Keterlambatan registrasi 15 (tim yang belum mendaftar saat registrasi ditutup dinyatakan gugur dan tidak ada pengembalian biaya pendaftaran). 
  5. Apabila sampai dengan saat kompetisi akan dimulai anggota tim belum lengkap, maka tim tersebut hanya boleh mengikuti kompetisi dengan anggota tim yang tersisa sesuai dengan yang didaftarkan sampai babak final. 
  6. Peserta wajib memakai seragam sekolah, sepatu tertutup (bukan selop, sandal, ataupun sepatu sandal) dan tanda peserta (ID CARD) yang disediakan panitia. 
  7. Saat kompetisi berlangsung, peserta tidak diperbolehkan menggunakan literatur berupa buku, modul, ataupun sumber-sumber lain. 
  8. Peserta diwajibkan membawa alat tulis atau keperluannya sendiri, peserta dilarang saling meminjam peralatan dengan peserta lain selama kompetisi berlangsung.
  9. Peserta diperbolehkan menggunakan kalkulator pada saat mengerjakan soal.
  10. Tas dan barang bawaan lain diletakkan pada tempat yang telah disediakan panitia selama kompetisi berlangsung. 
  11. Peserta tidak diperkenankan meninggalkan ruangan pada saat kompetisi berlangsung tanpa seijin panitia. 
  12. Alat komunikasi (handphone dan alat komunikasi lainnya) wajib dimatikan atau dinonaktifkan selama kompetisi berlangsung atau dititipkan pada pendamping masing – masing.
  13. Peserta dilarang merokok, minum-minuman keras, mengkonsumsi narkoba, dan membawa senjata tajam selama kompetisi berlangsung. 
  14. Peserta harus menjaga kebersihan selama berada di area kompetisi. 
  15. Panitia berhak mediskualifikasi tim dari seluruh babak kompetisi, apabila ada tim yang terbukti melakukan kecurangan dan pelanggaran saat mengikuti kompetisi. 
  16. Panitia berhak mengambil keputusan apabila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, dan segala keputusan panitia dan juri bersifat MUTLAK dan tidak dapat diganggu gugat. 
  17. Setiap sekolah diperbolehkan menyertakan pendamping 
  18. Peraturan yang belum ditetapkan dalam Peraturan Umum akan ditetapkan pada saat Tehnical Meeting. 
  SYARAT PENDAFTARAN ACCOUNTING COMPETITION 2013
 
1. Mengisi formulir pendaftaran
2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,-/tim dan biaya pendamping sebesar Rp 20.000,-/pendamping. Pembayaran dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu : 
  • Tunai : 
Graha HMJ Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, lantai dasar GKB 2 Universitas Muhammadiyah Malang Jl. Raya Tlogomas No. 246.
  • Transfer :
Transfer ke BNI No. Rekening 0156065539 a.n. Ayu Arynta
(Bukti transfer dibawa saat registrasi)
 
  3. Fasilitas yang diperoleh di ACCOUNTING COMPETITION 
  • Sertifikat 
  • Makan + Snack 
  • AC Kit 
  • Oleh – oleh khas Malang
  4. Refund Biaya Kontribusi 
  • Akan diberikan penuh apabila pembatalan keikutsertaan dilakukan antar 3 - 2 minggu sebelum hari kegiatan dimulai 
  • Akan diberikan 50% apabila pembatalan keikutsertaan dilakukan 2 - 1 minggu sebelum hari kegiatan dimulai 
  • Tidak ada pengembalian biaya kontribusi apabila pendaftaran keikutsertaan dilakukan dalam masa 1 minggu sebelum kegiatan di mulai 
  5. Persyaratan pendaftaran yaitu : 
  • Mengirim uang Pendaftaran 
  • Slip disimpan & segera hubungi contact person pada hari seleksi awal wajib membawa: 
  1. Foto copy slip Pembayaran 
  2. Foto 3x4 sebanyak 3 lembar (berwarna, berseragam, dan background foto berwarna biru)
  3. Formulir pendaftaran yang di cantumkan di proposal  Fotocopy kartu pelajar 2 lembar setiap anggota tim 
  4. Pengumpulan persyaratan pendaftaran dapat dikirim melalui fax ke nomor (0341) 460435 atau dapat dibawa pada saat registrasi ulang.
  5. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Desember 2012 dan ditutup pada tanggal 3 Januari 2013. 
  6. Informasi lebih lanjut hubungi : 
  • Anak Agung Randy P.B. : 087759748293
  • Desy Minggar Tria Sari : 085752202274
  • Kalih Tri Mujaya : 089680544564
Info kiriman @HMJ_Akun_UMM via twitter kunjungi juga web penyelenggara di http://hmj-akuntansi.umm.ac.id/
NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo