LKTI IPB Soil Festival 2016

Deadline 30 Juni 2016
SCIFIC (Soil Science Festival Paper Competition) merupakan salah satu dari rangkaian acara SOIL FESTIVAL 2016 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Fakultas Pertanian IPB, dengan tema:

“Inovasi Pengelolaan Lahan Gambut di Indonesia”

#Subtema lomba ialah sebagai berikut :

1. Pertanian
Mencakup teknik budidaya pertanian dan kehutanan, variates unggul, pengolahan tanah, pengendalian hama dan penyakit tumbuhan, serta pemeliharaan tanaman di lahan gambut.

2. Lingkungan
Mencakup upaya restorasi dan rehabilitasi lahan gambut maupun upaya pengelolaan lahan gambut yang ramah lingkungan.

3. Teknologi
Mencakup teknologi pengelolaan lahan gambut secara berkelanjutan di berbagai bidang, baik melalui pendekatan fisik; kimia; biologi; serta teknologi informasi.

4. Sosial-Ekonomi
Mencakup rekayasa sosial, pemberdayaan masyarakat, dan kearifan lokal masyarakat di sekitar lahan gambut serta peningkatan nilai tambah ekonomi pengelolaan sumber daya lahan gambut.

#Ketentuan Peserta

-) Peserta merupakan mahasiswa aktif S1 atau Diploma perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia dan masih berstatus mahasiswa (dibuktikan dengan fotokopi KTM yang disertakan saat pengiriman karya).
-) Peserta dapat perorangan atau berkelompok dengan jumlah maksimal 3 orang dan berasal dari perguruan tinggi yang sama.
-) Anggota kelompok dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda dalam satu Universitas/Institusi.
-) Peserta harus mendapatkan rekomendasi dari pihak perguruan tinggi (Wakil/ Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan/Kepala Departemen)

#Sifat Tulisan

-) Karya tulis dapat merepresentasikan gagasan yang inovatif, kreatif dan solutif sesuai tema yang telah ditentukan.
-) Karya tulis bersifat orisinil dan belum pernah menjadi juara di ajang kompetisi serupa.
-) Karya tulis bersifat objektif, tidak mengandung SARA, dan didukung oleh fakta yang aktual.
-) Karya tulis dapat berupa hasil telaah pustaka maupun penelitian.
-) Penulisan dilakukan secara sistematis dan logis dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai EYD.
-) Jika terjadi kecurangan akan dikenai pengurangan nilai tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada peserta.
#Cara Pendaftaran

-) Pengiriman abstrak berupa soft file via email ke ipb2016@gmail.com pada tanggal 23 Mei – 30 Juni 2016 dengan subjek email sbb: (Abstrak LKTI _ Tema #1/#2/#3_Nama Ketua_Asal Universitas_3 kata judul pertama). Pengiriman abstrak tidak dikenai biaya.
-) Daftar peserta yang lolos seleksi abstrak akan diumumkan di web hmit.lk.ipb.ac.id, pada tanggal 10 Juli 2016.
-) Peserta yang lolos diwajibkan mengirimkan karya tulisnya secara lengkap (full paper) tanggal 11 Juli – 31 Agustus 2016 ke ipb2016@gmail.com dengan subjek email: (Full Paper_Tema #1/#2/#3_Nama Ketua_Asal Universitas_3 kata judul pertama). Peserta yang akan mengirim full paper wajib mentransfer biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000 paling lambat tanggal 31 Agustus 2016 ke Rekening Bank BNI: 0344400951 A.n Ruth Kristanti Purba. Foto bukti pembayaran dilampirkan bersama dengan pengiriman full paper.
-) Daftar peserta yang lolos seleksi full paper akan diumumkan di web hmit.lk.ipb.ac.id tanggal 22 September 2016. Peserta juga akan mendapatkan email konfirmasi dari panitia. Karya tulis yang akan dilombakan yang meliputi soft file dan hard file. Soft file berupa Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan hard file berupa poster. Poster dibawa oleh peserta pada saat pelaksanaan lomba di kampus IPB.
-) Finalis yang lolos wajib membuat presentasi Karya Tulis Ilmiah yang akan dipresentasikan pada tanggal 7 Oktober 2016. Selain itu, poster peserta akan dipamerkan pada kegiatan Expo sebagai bagian dari penilaian. Peserta diperkenankan membawa prototype jika diperlukan
-) Pemenang Soil Science Festival Paper Competition (SCIFIC) 2016 akan dipilih bedasarkan akumulasi nilai tulisan, nilai presentasi, dan nilai poster.


#Hadiah

Juara 1                       : Rp3.000.000,00 + tropi + sertifikat

Juara 2                       : Rp2.000.000,00 + tropi + sertifikat

Juara 3                       : Rp1.000.000,00 + tropi + sertifikat

Ketentuan Lain, Buku Panduan Penulisan, dan Formulir Pendaftaran download di bit.ly/lkti_soilfestival
#ContacPerson :
Tito 085715107227
Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah
Faperta IPB
email : soilfes.ipb2016@gmail.com
web   : hmit.lk.ipb.ac.idinfo ini dikirimkan oleh

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo Like Fb kami: info lomba