Call For Essay Indonesia Economic Outlook 2016

Deadline 25 September 2015



We are now calling for delegates for our competition! 
Memasuki penyelengaraan pada tahun yang ke-10, Indonesia Economic Outlook terdiri atas rangkaian acara berupa Kaleidoskop Ekonomi, Diskusi Rekomendasi Kebijakan, Kompetisi Esai Rekomendasi Kebijakan, serta Seminar Ekonomi Nasional. Target peserta kompetisi dari acara ini adalah Mahasiswa Seluruh Indonesia dan target pembicara seminar adalah Pengamat Ekonomi dengan pembicara yang handal dan kompeten di bidangnya.

Indonesia Economic Outlook merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kanopi FEBUI, dilakukan untuk mengevaluasi kinerja perekonomian Indonesia pada tahun 2015, serta berusaha meramalkan prospek dan tantangan pada 2016.

Tema dan Subtema  :
Tema: "Indonesia's Economic Reorientation: Enhancing the Supply Side to Achieve a Sustainable Growth".
Sub-tema:
  1. Moneter: Monetary Policies as a Means to Encourage Investments in Industry and Infrastructure
  2. Fiskal: Fiscal Incentives as Stimulants for the Expansions of Industries
  3. Riil: Improvement of the Quality of Indonesia's Manpower to Achieve Competitiveness in the Global Market.
Timeline
Call For Essay : August 1 – September 25, 2015
Competition : November 10- 11, 2015
Seminar : November 12, 2015

Alur Pendaftaran
  1. Peserta melakukan pendaftaran di situs resmi Indonesia Economic Outlook 2016 (www.ieo-febui.com) melalui formulir registrasi yang disediakan.
  2. Peserta mendapatkan SMS konfirmasi maupun lembaran konfirmasi via e-mail dari panitia.
  3. Peserta melakukan pembayaran sebesar Rp 75.000 melalui transfer ke rekening 157-00-0443705-0 a/n Indonesia Economic Outlook (Bank Mandiri Kantor Cabang Universitas Indonesia). Pembayaran paling lambat dilakukan pada tanggal 20 September 2015.
  4. Setelah melakukan pembayaran, peserta diwajibkan melakukan konfirmasi dengan mengisi formulir konfirmasi pembayaran yang tersedia di www.ieo-febui.com. Peserta mengunggah struk pembayaran dalam lembar konfirmasi tersebut.
  5. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, peserta akan menerima konfirmasi dari panitia melalui SMS ataupun e-mail. Apabila anda tidak menerima konfirmasi dalam waktu 5x24 jam maka diharapkan mengontak panitia pada (kompetisi.ieofebui@gmail.com) atau melalui kontak humas dan registrasi (a.n. Ikhwan Prasetyo di 0857-1524-0283).
  6. Esai yang masuk tidak akan diproses oleh panitia sebelum pembayaran biaya administrasi dilakukan.

Persyaratan Kompetisi
  1. Peserta merupakan tim yang terdiri dari 2 (dua) orang mahasiswa aktif tingkat D3 atau S1 Perguruan Tinggi di Indonesia, dapat berasal dari departemen dan/atau fakultas yang berbeda namun harus berasal dari perguruan tinggi yang sama.
  2. Peserta berusia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun.
  3. Esai ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia baku yang baik dan benar.
  4. Esai merupakan hasil karya asli (bukan hasil plagiat), belum pernah dipublikasikan di media manapun, dan/atau digunakan dalam kegiatan kompetisi lainnya.
  5. Peserta diperbolehkan mendapat bimbingan dan arahan dari pihak yang dianggap peserta mampu membimbing mereka, namun esai harus tetap merupakan karya asli dari peserta.
  6. Peserta wajib menyertakan sumber-sumber data dan kutipan yang digunakan dalam esai, baik berupa daftar pustaka maupun footnote (catatan kaki).
  7. Sepuluh tim terbaik berdasarkan hasil seleksi diwajibkan mempersiapkan presentasi dalam bentuk: Power Point 2007 (pptx.) dan .pdf , dikirimkan ke e-mail Divisi Kompetisi dan Diskusi IEO 2016 (kompetisi.ieofebui@gmail.com ) paling lambat pada 9 November 2015 pukul 23:59 WIB. Presentasi tersebut akan dipresentasikan di hadapan juri pada tahap final kompetisi esai.
  8. Peserta wajib melakukan pembayaran biaya administrasi esai per satu buah esai kompetisi yang dikirimkan (mohon melihat pada bagian alur pendaftaran)
  9. Peserta yang berhasil masuk ke tahap diskusi dan final kompetisi esai IEO 2016 akan dikenakan biaya akomodasi dan fasilitas penginapan sebesar Rp 300.000,- per orang dan bagi yang tidak menggunakan fasilitas tersebut dikenakan biaya sebesar Rp 100.000,00 per orang yang dapat dibayarkan ke rekening 157-00-0443705-0 a/n Indonesia Economic Outlook (Bank Mandiri Kantor Cabang Universitas Indonesia). Pembayaran dilakukan paling lambat 7 November 2015.
  10. Dalam mengikuti rangkaian kompetisi ini, peserta dilarang mencantumkan lambang perguruan tinggi dari peserta yang bersangkutan baik di dalam esai maupun pada presentasi.

Tata Cara Penulisan dan Pengiriman Esai
  1. Penulisan dan bahasa yang digunakan harus menggunakan bahasa yang baku dan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  2. Esai harus diketik dalam bentuk: Font : Times New Roman, Font Size : 12, Space : 1,5 Page Size : A4 Margin : margin samping kanan, atas, dan bawah 3 cm. margin samping kiri 4 cm.
  3. Total maksimal halaman untuk esai adalah 15 halaman (di luar halaman muka, abstrak, daftar isi, dan lembar pengesahan).
  4. Struktur penulisan adalah sebagai berikut:
    a. Halaman muka
    b. Abstrak
    c. Daftar Isi
    d. Lembar Pengesahan
    e. Lembar pernyataan originalitas
    f. Pendahuluan
    g. Landasan literature dan teori
    h. Metode penulisan
    i. Hasil dan pembahasan
    j. Daftar pustaka (wajib)
  5. Penulisan daftar pustaka, yaitu seluruh bahan rujukan yang digunakan oleh peserta, mengacu kepada peraturan Harvard Style. Buku dan sejenisnya: Nama belakang pengarang. Inisial. (tahun penerbitan). Judul buku (Edisi jika edisinya lebih dari satu). Tempat diterbitkan: Penerbit. Artikel, jurnal, dan sejenisnya Nama belakang pengarang. Inisial. (tahun penerbitan). Judul artikel. Judul jurnalNomor volume–(Nomor issue jika ada), Nomor halaman awal dan akhir dari artikel.
  6. Sifat dan isi tulisan:
    Logis dan Sistematis, Esai harus ditulis secara sistematis sesuai dengan struktur penulisan. Isi esai harus logis atau dapat didasarkan atas teori keilmuan tertentu.
    Objektif, Esai harus disertai dengan data-data yang akurat (beserta sumbernya) dan dapat dipertanggungjawabkan. Esai tidak boleh ditulis berdasarkan pandangan pribadi penulis dan tidak mengandung unsur-unsur SARA. Permasalahan yang dianalisis dalam esai juga tidak boleh dipaparkan secara subjektif.
    Orisinal, Esai harus orisinal, bukan hasil plagiarisme dan belum pernah diterbitkan di berbagai jenis media apapun.
  7. Rincian format esai dapat dilihat pada dummy esai di situs IEO 2016 (ieo-febui.com)
  8. Esai dikumpulkan melalui formulir registrasi yang tersedia di situs resmi IEO FEB UI di www.ieo-febui.com (mohon ikuti petunjuk dalam formulir tersebut). Dimohon untuk menunggu konfirmasi penerimaan dari kami dalam bentuk SMS ataupun via e-mail. Apabila anda tidak menerima konfirmasi dalam waktu 5x24 jam maka diharapkan mengontak panitia pada (kompetisi.ieofebui@gmail.com) atau melalui kontak humas dan registrasi (a.n. Ikhwan Prasetyo di 0857-1524-0283).
  9. Esai paling lambat dikirimkan paling lambat tanggal 25 September 2015
  10. Format esai yang dikirimkan kepada panitia harus sesuai dengan persyaratan. Kelalaian mengikuti ketentuan yang diberikan memengaruhi penilaian terhadap esai.
  11. Peserta yang lulus dari tahap seleksi esai akan berlanjut ke babak diskusi rekomendasi kebijakan di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia.
  12. Hasil seleksi esai akan diumumkan melalui situs resmi IEO FEB UI dan media sosial terkait (twitter @ieofebui dan akun resmi line @mak0273g).
  13. Peserta yang lulus tahapan seleksi esai diwajibkan untuk melakukan konfirmasi keikutsertaan babak selanjutnya paling lambat 1 November 2015. Kelalaian melakukan konfirmasi menyebabkan hak peserta dialihkan ke tim dengan nilai tertinggi berikutnya.
  14. Keputusan dewan juri IEO 2016 merupakan mutlak dan tidak dapat diganggu gugat oleh peserta kompetisi.
Babak Diskusi Rekomendasi Kebijakan
Pada diskusi ini, peserta akan dibagi menjadi empat kelompok yang mewakili institusi perekonomian yang berpengaruh di Indonesia. Dalam kelompok tersebut, peserta akan diberikan pemicu berupa artikel berita yang membutuhkan suatu gagasan kebijakan baru yang merupakan hasil diskusi ini. Kemudian, peserta akan diberikan kesempatan untuk mengutarakan pandangannya terhadap masalah tersebut serta memberikan masukan untuk kebijakan yang harus diambil. Kebijakan yang disusun akan menjadi hasil diskusi dan rangkuman berbagai input dari keempat kelompok yang berbeda tersebut.
Babak ini akan diadakan pada:
Hari/tanggal : Selasa, 10 November 2015
Lokasi : Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Depok

Babak Final
Peserta kompetisi yang lolos dalam seleksi esai akan mempresentasikan esai mereka di hadapan dewan juri. Sebelum presentasi peserta, wajib mengumpulkan presentasi kepada panitia dan TIDAK DIPERKENANKAN untuk mencantumkan lambang asal universitas di dalam slide.

Reward :
Tiga tim terbaik akan mendapatkan:
Juara 1 : Rp 5.000.000 + sertifikat
Juara 2 : Rp 3.000.000 + sertifikat
Juara 3 : Rp 2.000.000 + sertifikat

For further information about the competition and seminar: 
Please visit  www.ieo-febui.com or contact twitter @IEOFEBUI
CP Kompetisi : Estiana Cahyawati (+62-857-1496-2556)
CP Humas dan Registrasi : Ikhwan Prasetyo (+62-857-1524-0238)
e-mail Kompetisi : kompetisi.ieofebui@gmail.com
e-mail Humas : humreg.ieo2016@gmail.com
ask.fm :  @ieoutlook


info ini dikirimkan oleh Humas dan Registrasi IEO 2016

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo Like Fb kami: info lomba