Lomba Cerpen Sains Online (LCSO) 2014

Deadline: 2 Maret 2014

Deskripsi Kegiatan:
Science Fiction atau fiksi ilmiah adalah suatu bentuk karngan fiksi spekulatif yang terutama membahas tentang pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan terhadap masyarakat dan individual. Seiring berkembangnya zaman, kehidupan makhluk hidup pun terus mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan kini terlihat sangat jelas bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi sebagian besar kehidupan kita. Sebagian besar kehidupan yang dimaksud adalah budaya. Dari sekian waktu yang terlampaui, budaya semakin terdominasi oleh lintasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang.
Perlu diakui bahwa Indonesia yang terkenal dengan ragam kebudayaannya kini berangsur-angsur meninggalkannya, berganti dengan kehidupan saintek yang sedang mabrur saat ini. Baik itu dalam penerapan bidang ilmu Kimia, Biologi, Fisika, matematika ataupun teknologi informasi. Untuk itu, UKMF Natural selaku Lembaga Pers Mahasiswa yang berada dalam lingkup Fakultas MIPA menyelenggarakan Lomba Science Fiction dengan tema "Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terhadap Budaya Indonesia" ini guna memperlihatkan betapa banyaknya bukti ketidakdinamisan kehidupan masyarakat saat ini, khususnya terhadap budaya Indonesia. Baik itu menonjolkan sisi positif atau negaif dari keberadaan saintek itu sendiri. Selain itu, juga melatih kepiawaian menulis dalam lingkup saintek.

Penyelenggara:
UKMF Natural FMIPA Universitas Lampung

Tema Kegiatan: 
 "Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terhadap Budaya Indonesia"

Ketentuan Lomba:
  1. Naskah cerpen ditulis menggunakan bahasa yang baik dan benar berdasarkan KBBI dan EYD.
  2. Peserta hanya dapat mengirimkan 1 karya terbaiknya.
  3. Naskah harus orisinil, hasil karya sendiri (bukan plagiat), bukan terjemahan atau saduran, belum pernah dipublikasikan di media cetak maupun media online seperti facebook, blog, website dll. Serta tidak diikutsertakan dalam perlombaan lain.
  4. Naskah harus sesuai dengan tema, mengandung unsur sains dan pendidikan. Tidak mengandung unsur sara’, pornografi, atau kalimat provokasi yang bertujuan merendahkan/menyudutkan suatu hal (orang/suku/daerah/dll.).
  5. Lomba ini GRATIS. Tidak dipungut biaya apapun.
  6. Terbuka untuk semua kalangan (pelajar, mahasiswa, dan umum).
  7. Diketik di kertas A4 5-7 halaman, TNR, font 12pt, spasi 1,5, dan margin 3 di semua sisi.
  8. Sertakan biodata singkat penulis (nama lengkap, nama pena jika ada, no.telp, alamat lengkap, dll) di akhir naskah, tidak dalam dokumen terpisah. Biodata tidak masuk dalam hitungan panjang naskah.
  9. Naskah dikirim ke Email cerpen.natural@gmail.com dalam bentuk attachment (Bukan di badan Email!) Dengan format LCSO-Nama Penulis-Judul Cerpen (Ex: LCSO-Resila Ayu-Chemistry in Love).
  10. Peserta harus bergabung dalam group “Lomba Cerpen Sains Online UKMF Natural Universitas Lampung” klik https://facebook.com/groups/248239021918612/.
  11. Memposting ulang info lomba ini di catatan facebook (atau blog pribadi) dengan mencantumkan pamflet lomba dan men-tag minimal 25 teman.
  12. Naskah dikumpulkan paling lambat 2 Maret 2014 pukul 23.59 WIB.
  13. Pengumuman pemenang 30 Maret 2014.
  14. Keputusan juri tidak dapat dinganggu gugat.

Dewan Juri:
  1. Tri Sujarwo Songha (Ketua FLP Bandar Lampung)
  2. Silvana Maya Pratiwi (Koordinator Rumah Baca Asma Nadia Lampung)
 
Hadiah dan Penghargaan: 
Juara 1: Rp. 500.000,- + Buku Esai "Kekuatan Media Sosial" + Sertifikat 
Juara 2: Rp. 300.000,- + Buku Esai "Kekuatan Media Sosial" + Sertifikat
Juara 1: Rp. 200.000,- + Buku Esai "Kekuatan Media Sosial" + Sertifikat

Informasi:
Nafilata - 089601192221
Umi - 08980089473
Puja - 081374939665
Facebook: Natural FMIPA Unila
Twitter: @Natural_Unila
Website: natural.web.id

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo Like Fb kami: info lomba