Kompetisi House Journal

Kategori Peserta: Mahasiswa D3 dan S1
SKM Communisign merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari SKM Fair yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Komunikasi Multimedia (BEM SKM) Institut Manajemen Telkom, Bandung. SKM Communisign fokus pada kompetisi house journal (Majalah Internal) yang merupakan bagian dari pekerjaan seorang Public Relations suatu perusahaan. Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan dapat memicu kreativitas mahasiswa dalam bidang Ilmu Komunikasi, khususnya bidang Public Relations. Selain itu, pembuatan majalah juga memicu kemampuan desain mahasiswa. SKM Communisign tahun ini mengambil tagline “Communicate your design” yang sekaligus menjadi tema umum kompetisi ini.

Apa itu House Journal?
House Journal merupakan salah satu media internal yang dipergunakan suatu perusahaan untuk kalangan terbatas dan nonkomersial yang merupakan bagian dari aktivitas Public Relations suatu perusahaan. House Journal bisa berbentuk majalah, newsletter, buletin internal, maupun media lain yang target sasarannya berasal dari internal perusahaan. Fungsi House Journal  yaitu sebagai media komunikasi, informasi, pendidikan, hiburan maupun sebagai media pengetahuan. House Journal yang bermutu, kontinu, dan terbit secara berkala serta teratur dapat memberikan nilai tambah (value added) bagi departemen Humas/PR untuk menunjukkan kemampuan dalam upaya menerbitkan media khusus seperti House Journal ini.
Ketentuan lomba

Syarat dan Ketentuan 

1. Peserta merupakan tim yang terdiri dari 3 orang mahasiswa aktif D3 maupun S1 dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. Peserta boleh berasal dari Fakultas yang berbeda, asal masih berada dalam satu universitas.
2. Peserta merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi, atau pun mahasiswa jurusan lain yang memiliki ketertarikan pada dunia Public Relations dan desain majalah.
3. Peserta wajib follow akun twitter @SKMCommunisign
4. Peserta melakukan pendaftaran dan pembayaran sebesar Rp 75.000,00 untuk masing-masing tim ke nomor rekening 131-00-0993503-4 Bank Mandiri cab. Martadinata Bandung atas nama Feni Wahyuni, paling lambat tanggal 15 Oktober 2012.
5. Andaikan tim Anda sebagai Public Relations yang bertanggung jawab pada pengadaan media internal PT. Telkom atau PT. Telkomsel (pilih salah satu)
6. Masing-masing tim membuat sebuah majalah internal yang terdiri dari 12-16 halaman, dengan bentuk dan ukuran majalah bebas sesuai kreativitas tim.
7. House Journal yang dilombakan merupakan karya pribadi yang orisinil dan tidak pernah diikutsertakan dalam lomba apapun, atau diterbitkan di media manapun, sesuai tema, mudah dilihat, menarik, bermanfaat, bermakna, jelas dan tidak blur.
8. Rubrik dalam majalah bebas asal masih relevan dengan fungsi House Journal.
9. Tim berhak mendesain dan mengatur tata layout majalah semenarik mungkin. 10. Desain yang menarik memiliki bobot penilaian yang cukup besar.
11. Majalah dikirim dalam bentuk hardcopy layaknya sebuah majalah beserta formulir dan fotokopi KTM ke:

Panitia SKM Communisign
BEM SKM IM Telkom
Jalan Telekomunikasi No 1, Dayeuh Kolot
Bandung 40257

11.  Formulir didapatkan peserta setelah peserta mengirimkan bukti pembayaran ke email skmcommunisign@yahoo.com
12. Dari semua majalah yang masuk, akan diseleksi 5 majalah terbaik. Tim yang majalahnya lolos akan diundang oleh panitia untuk melakukan presentasi.
13. Kriteria penilaian lomba:
  • Substansi penerbitan termasuk di dalamnya perspektif    kehumasan
  • Rubrikasi
  • Komposisi informasi
  • Edukasi, Opini, dan hiburan
  • Kreativitas penulisan (kesesuaian isi dengan target audience, teknik penamaan rubrik, teknik penulisan rubrik, tata bahasa dan penggunaan bahasa, korelasi judul dengan isi, proximity, keaktualan, organisasi gagasan dan pengembangan dan pengemasan pesan)
  • Desain dan layout majalah
14. Majalah internal yang dibuat selambat-lambatnya dikirim pada tanggal 15 Oktober 2012 cap pos.
15. Untuk informasi lebih lanjut, peserta bisa mengunjungi skmcommunisign.wordpress.com atau mention langsung ke @SKMCommunisign. Bisa juga langsung menghubungi contact person Ahimsa (0852 9196 1626).

info lebih lengkap bisa dicek di >> http://skmcommunisign.wordpress.com/


NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber dengan backlink ke blog info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo