MIPA UNTUK NEGERI 2012 "DEMI INDONESIA"

Kategori: lomba menulis, talkshow, konferensi, seminar

Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UI melalui Departemen Keilmiahan mempersembahkan:
info lomba
"MIPA UNTUK NEGERI"

APA itu MIPA UNTUK NEGERI?
merupakan sebuah acara berskala nasional yang diharapkan akan menjadi ajang perayaan para ilmuwan Indonesia dalam dunia keilmiahan.

Tema yang diambil untuk Acara MIPA UNTUK NEGERI yang kedua ini adalah “Mengatasi Permasalahan Negeri di Bidang Energi, Pangan dan Pendidikan Melalui Gagasan Solutif”

         Tema tersebut dipilih karena Indonesia membutuhkan ilmuwan-ilmuwan dan mahasiswa yang mempunyai kecintaan untuk membangun Indonesia, dan hal inilah yang perlu ditumbuhkan dalam diri setiap ilmuwan dan mahasiswa Indonesia agar sains Indonesia berkembang dan tidak dipandang sebelah mata.
      Acara ini diharapkan dapat menjadi ajang para pelaku sains untuk berkumpul, saling bertukar pikiran, mengungkapkan gagasan kreatif, serta beraudiensi dengan para figur dunia sains.

Rangkaian acara MIPA UNTUK NEGERI:
Akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 11 Juli – 17 Juli 2012.

MIPA UNTUK NEGERI merupakan rangkaian acara yang terdiri atas 4 kegiatan utama, yaitu TULISAN UNTUK NEGERI (TUN), KONFERENSI ILMUWAN MUDA INDONESIA (KIMI), TALKSHOW “INDONESIA SUPERPOWER”, MIPA UI AWARDS dan 2 kegiatan pendukung, yaitu GRAND OPENING dan WELCOMING DINNER.

Berikut rinciannya:


  • pra event TULISAN UNTUK NEGERI dengan tema “Kontribusi Nyata Mahasiswa Indonesia dalam Mengatasi Permasalahan Negeri”, yaitu berupa pengumpulan gagasan tertulis mahasiswa, khususnya mahasiswa FMIPA dari seluruh Universitas Indonesia, mengenai permasalahan yang ada di Indonesia berdasarkan sisi keilmuan yang dimiliki. Sebanyak 90 karya tulis terbaik akan dipaparkan di KONFERENSI ILMUWAN MUDA INDONESIA (KIMI). Kesembilan puluh penulis utama karya tulis tersebut akan diundang ke kampus Universitas Indonesia untuk mempresentasikan gagasannya. Adapun selain di paparkan dalam konferensi, tulisan yang terhimpun nantinya akan dibukukan dalam bentuk buku ilmiah berjudul sama dengan kegiatan TULISAN UNTUK NEGERI. (selengkapnya bisa sobat lihat di Tulisan Untuk Negeri)
  • GRAND OPENING sebagai pembukaan dan peresmian dimulainya rangkaian acara MIPA UNTUK NEGERI. Bertemakan “Bangun Pemudi Pemuda”, acara ini diharapkan dapat memicu semangat ilmuwan muda Indonesia untuk ‘bangun’ dan menyadari tentang banyaknya permasalahan bangsa yang ada di sekitar mereka. Tujuan tersebut akan disampaikan dalam bentuk pertunjukkan seni dan budaya.
  • Kemudian acara selanjutnya adalah salah satu acara pendukung dalam rangkaian acara MIPA UNTUK NEGERI, yaitu WELCOMING DINNER yang bertujuan untuk menyambut peserta KONFERENSI ILMUWAN MUDA INDONESIA (KIMI) serta sebagai langkah awal untuk menjalin silaturahim antar peserta juga antara peserta dan panitia MIPA UNTUK NEGERI. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada acara ini antara lain makan malam bersama, serta perkenalan.
  • Rangkaian acara berikutnya yaitu TALKSHOW merupakan salah satu rangkaian acara MIPA UNTUK NEGERI yang menghadirkan para ilmuwan maupun tokoh Sains Indonesia yang telah dikenal masyarakat luas baik secara nasional maupun internasional. Acara ini mengusung tema “INDONESIA SUPERPOWER” dengan topik bahasan kekuatan Indonesia dari segi sumber daya, prestasi, dan sains.
  • Dan rangkaian acara akan ditutup dengan MIPAUI AWARDS, yang mana merupakan suatu wujud apresiasi terhadap ilmuwan-ilmuwan di seluruh Indonesia, baik ilmuwan muda, mahasiswa maupun ilmuwan profesional. Ilmuwan-ilmuwan yang memiliki prestasi dan kontribusi besar bagi perkembangan sains bangsa diundang sebagai nominator, dan yang terbaik pilihan dewan juri akan dianugerahi Trophy MIPA UI AWARDS.
Keseluruhan rangkaian acara diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata untuk Indonesia yang lebih baik, seperti tagline yang diusung oleh MIPA UNTUK NEGERI 2012 yaitu Demi Indonesia!
 

Contact Resmi penyelenggara:
Website MIPA untuk Negeri 2012: http://www.mipauntuknegeri.or.id/
Facebook: Mipa untuk Negeri
Twitter: @mipauntuknegeri
E-mail: mipauntuknegeri2012@gmail.com

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber dengan backlink ke blog info-lomba.com juga. Trims :-)
Follow twitter kami: @infolomba_indo