Broadcaster Award (update)

klik untuk m'perbesar
Lomba ini diadakan oleh Ikom Radio Universitas Muhammmadiyah Yogyakarta. Spesial ditujukan buat teman-teman pelajar dari SMA/SMK/MA yang berkeinginan dan mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang broadcaster handal. Kompetisi ini akan mengasah minat, bakat, dan kemampuan teman-teman dalam bidang penyiaran.

Total hadiah:  7 juta rupiah

Kategori Perlombaan
Ada 4 kategori perlombaan dalam Broadcaster Award #4 yaitu:
  1. Penyiar Radio 
  2. Presenter Infotainment TV 
  3. Pembaca Berita TV 
  4. Reporter TV
Mekanisme Perlombaan :

  1. Tema Broadcaster Award #4 adalah MagiComm: Proud to be Creative yang mencerminkan suatu hal yang ajaib. Ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa komunikasi adalah suatu hal yang ajaib, karena hanya dengan komunikasi manusia bisa mengubah dunia. Dengan tema ini pula kami berharap setiap peserta dari Broadcaster Award #4 dapat bangga menjadi seorang broadcaster yang kreatif
  2. Peserta dituntut untuk bisa mengeksplor kreatifitasnya sendiri untuk tampil di depan juri. Materi kata dibuat oleh peserta sesuai dengan kreatifitas masing-masing. Properti yang diperlukan disediakan oleh peserta sendiri, sesuai dengan materi kata yang akan dibawakan. Panitia hanya menyediakan studio dan peralatan teknis.
  3. Di hari pertama, Kamis 28 Juni 2012, semua peserta wajib mengikuti rangkaian acara workshop. Workshop pertama dibagi menjadi dua, yaitu workshop TV dan workshop radio. Kemudian setelah istirahat siang workshop dilanjutkan dengan Beauty Class, mengingat penampilan juga merupakan hal penting bagi broadcaster
  4. Hari kedua, Jumat 29 Juni 2012, adalah babak penyisihan. Setiap peserta dibagi sesuai kategorinya masing-masing, dimana setiap peserta mendapat kesempatan bergiliran untuk tampil di depan juri, dengan durasi masing-masing 5 menit
  5. Hari ketiga, Sabtu 30 Juni 2012, adalah babak final. Teknis pelaksanaan hampir sama dengan babak penyisihan. Yang membedakan hanyalah lokasi peserta tampil yaitu di arena panggung utama (outdoor) untuk kategori TV, sehingga kemungkinan peserta akan dilihat langsung oleh banyak orang. Ini untuk melatih kemampuan peserta tampil di muka umum, sekaligus sebagai tantangan yang akan menjadi salah satu poin penilaian.
  6. Khusus kategori penyiar radio, peserta tetap bersiaran di studio, namun hasil siarannya akan diperdengarkan live melalui sound system di panggung utama, sehingga juga akan langsung didengarkan oleh banyak orang seperti halnya finalis kategori TV.\
  7. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada hari itu juga, Sabtu 30 Juni 2012, sekaligus menutup rangkaian acara Broadcaster Award #4.
 Mekanisme Pendaftaran
  1. Peserta mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan (formulir dapat diperbanyak). 
  2. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 60.000,- / kategori lomba (dalam kota yogyakarta) dan Rp. 200.000,- / kategori lomba (luar kota yogyakarta : biaya penginapan dan akomodasi selama di yogya) 
Pembayaran dapat dilakukan dengan cara mengirim langsung ke IKOM Radio – UMY, sobat info lomba juga bisa transfer melalui :
a.n. Wafda Sajida Dzahabiyya
Bank BRI, Unit KH. Ahmad Dahlan
No Rek. 3005-01-014637-53-7

Formulir dapat didownload disini (dalam format .pdf untuk diprint dan dikirimkan via fax) ATAU disini (dalam format .rtf untuk dikirim balik via email), ATAU dari formulir yang telah diedarkan ke sekolah-sekolah, ATAU dengan mengambil sendiri di studio IKOM Radio di Kampus Terpadu UMY.
Ada beberapa alternatif pengembalian formulir :
  1. Formulir hasil download (.pdf) diprint, diisi, lalu dikirim lewat fax bersama bukti transfer biaya pendaftaran. Formulir dan bukti transfer asli disimpan peserta, dan ditunjukkan ketika registrasi ulang pada hari-H pelaksanaan lomba. 
  2. Formulir hasil download (.rtf) diisi dengan mengeditnya di Microsoft Word, di-save ulang dengan nama peserta sebagai nama file, lalu dikirim via email ke broadcasteraward@gmail.com berupa lampiran (attachment) bersama soft copy foto diri dan foto / hasil scan bukti transfer biaya pendaftaran. Tuliskan “Broadcaster Award” sebagai subject email. 
  3. Formulir yang telah diisi lengkap juga bisa dikirimkan via pos (paling lambat cap pos tanggal 28 Mei 2012) beserta fotokopi bukti transfer biaya pendaftaran ke alamat: IKOM RADIO, Gd. Ki Bagus Hadikusumo Lt. 2, Kampus Terpadu UMY, Jln. Lingkar Barat Tamantirto Kasihan Bantul DIY 55183
  4. Panitia juga telah mengirimkan formulir ke sekolah-sekolah tertentu (prioritas yang dikirimi adalah sekolah negeri dan sekolah swasta unggulan). Hubungi Tata Usaha sekolah untuk informasi lebih lanjut. Peserta bisa memperbanyak sendiri sesuai kebutuhan. Pengembalian formulir bisa dilakukan secara kolektif (tidak harus yang bersangkutan sendiri). 
  5. Pengisian formulir dan pendaftaran juga bisa dilakukan langsung di studio IKOM Radio pada hari dan jam kerja. 
  6. Formulir yang sudah diisi dan/atau bukti pembayaran dapat dikirim melalui faximile ke no. (0274) 387646 tujuan IKOM RADIO-UMY. 
  7. Peserta diharapkan untuk segera konfirmasi ulang dengan menghubungi panitia yang bersangkutan (Administrasi Pendaftaran : a/n Wafda 085720259846). 
  8. Batas akhir pengembalian formulir tanggal 2 Juni 2012.

Info lengkap klik disini

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber dengan backlink ke blog info-lomba.com juga. Trims :-)

Follow twitter kami: @infolomba_indo