Gebyar Brawijaya Qur’ani (GBQ) III Tingkat Nasional

Deadline 29 Januari 2016
GEBYAR BRAWIJAYA QUR’ANI adalah salah satu proker tahunan yang dimiliki oleh UKM Seni Religi Universitas Brawijaya, dalam kegiatan tersebut berisi beberapa cabang lomba yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqah Khatil Qur’an (MKQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (LKTA), Musabaqah Desain Aplikasi Al-Qur’an. Gebyar Brawijaya Qur’ani (GBQ) sudah diadakan sebanyak 2 kali, untuk tahun ini merupakan Gebyar Brawijaya Qur’ani (GBQ) ke-3 tingkat Nasional untuk SMA/SMK/MA/PP/ Sederajat.  

TEMA
Menciptakan Pemuda Berprestasi dengan Jiwa Qur’ani Demi Meraih Masa Depan yang Cemerlang.
WAKTU DAN TEMPAT
26-28 Februari 2016 bertempat di UNIVERSITAS BRAWIJAYA (Kota Malang, Jawa Timur).

PERSYARATAN UMUM PESERTA

1.           Peserta adalah siswa yang masih aktif di Instansi SMA/MA/SMK terkait yang dapat
dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar.
2.           Sekolah hanya diperbolehkan mengirimkan 1 delegasi tiap bidang lomba (MTQ/MSQ/MHQ/MKQ/LKTA/DAA)
3.           Setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti  1 bidang lomba GBQ III.
4.           Bagi peserta yang pernah mengikuti lomba (MTQ/MSQ/MHQ/MKQ/LKTA/DAA) dan mendapatkan juara, diwajibkan melampirkan sertifikat kejuaraannya pada saat mengirimkan formulir pendaftaran.
5.           Kompetisi yang bersifat beregu harus beranggotakan siswa yang berasal dari satu
sekolah yang sama
6.           Batas usia bagi peserta, maksimal 19 tahun dibuktikan dengan kartu pelajar
7.           Siswa (perorangan maupun beregu) yang telah memenuhi persyaratan sebagai peserta, maka akan diberikan oleh panitia ID card sesuai fungsinya.
8.           Peserta dinyatakan gugur bila tidak memenuhi persyaratan sebagai peserta seperti yang tercantum dalam pedoman ini.

PERSYARATAN KHUSUS PESERTA

9.           Musabaqah Tilawatil Qur’an tingka Nasional diperuntukkan khusus SMA sederajat,sebagai musabaqah utama dengan bacaan mujawwad. MTQ ini dapat diikuti olehsetiap kontingen sekolah yang terdiri atas seorang qori’ dan atau seorang qori’ah. Setiap sekolah maksimal mengirimkan 2 orang delegasi, baik qori’ atau qori’ah keduanya, atau qori’ dan qori’ah saja. Kuota: 60 peserta, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,00 .
10.       Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an atau Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an tingkat Nasional diperuntukkan khusus SMA sederajat, dapat diikuti secara perorangan (putra atau putri) atau beregu yang terdiri putera semua, atau puteri semua, atau campuran (maksimal 3 orang).  Pengumpulan fullpaper tidak dikenakan biaya pendaftaran. Akan diambil 10 fullpaper terbaik, bagi tim yang lolos dikenakan biaya sebesar Rp. 75.000,00
11.       Musabaqah Hifdzil Qur’an 5 juz dan 10 juz tingkat Nasional diperuntukkan khusus SMA sederajat, dapat diikuti secara personal. Kuota: 50 peserta, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,00.
12.       Musabaqah Syarhil Qur’an atau Lomba Analisis kandungan Al-Qur’an tingkat Nasional SMA sederajat, terdiri dari 3 (tiga) orang untuk setiap regu (putera semua, atau
puteri semua, atau campuran), yaitu satu orang bertugas membaca ayat-ayat Al-Qur’an secara mujawwad, satu orang lagi sebagai penyampai sari tilawah, dan satu
orang lainnya bertugas sebagai pensyarah. Kuota: 40 Tim, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000,00.
13.       Musabaqah Khathil Qur’an atau Lomba Kaligrafi tingkat Nasional diperuntukkan
khusus SMA/MA/SMK/PP/sederajat terdiri dari seorang khattath (putra) atau khattathah (putri) secara personal. Kuota: 100, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,00.
14.      Musabaqah Desain Aplikasi Al-Qur’an, Peserta berkelompok terdiri dari maksimal 3 orang siswa-siswi yang dipimpin oleh seorang ketua tim. Setiap kelompok harus berasal dari sekolah yang sama, dan boleh mengikutsertakan anggota tim dari jurusan yang berbeda.
Setiap tim hanya boleh mengajukan satu buah karya perangkat lunak. Karya belum pernah dinyatakan sebagai finalis dalam lomba TIK sebelumnya, dan karya belum pernah mendapatkan penghargaan pada kontes lain baik lokal, nasional, maupun internasional  Perangkat Lunak dapat dijalankan pada platform umum tanpa tambahan perangkat keras khusus. Kuota pendaftaran proposal: 100, Kuota  seleksi tahap 1: 30, Kuota Finalis : 15 Tim . Biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000,00.- dikenakan untuk 10 finalis  terpilih.
CARA PENDAFTARAN
            Secara umum dapat dilihat dalam BUKU PEDOMAN GBQ 3. Buku Pedoman dan Formulir Pendaftaran bisa diunduh di website www.senireligiub.blogspot.co.id

a)        MTQ

Peserta dapat mengunduh dan mengisi formulir yang di posting oleh panitia di web kemahasiswaan ub : Kemahasiswaan.ub.ac.id atau blog UKM SeniReligi http://senireligiub.blogspot.co.id,   kemudian mengumpulkannya berupa softfile dikirim melalui email mtq.gbq@gmail.com dengan subjek “Formulir_MTQ_Nama Peserta_Asal Sekolah” (Contoh: Formulir_MTQ_Fastabiqul Khoirot_SMA GBQ3 Malang),
b)                 MSQ
Peserta dapat mengunduh dan mengisi formulir yang di posting oleh panitia di web kemahasiswaan ub : Kemahasiswaan.ub.ac.id atau blog UKM Seni Religi http://senireligiub.blogspot.co.id,   kemudian mengumpulkannya berupa softfile dikirim melalui email msq.gbq@gmail.com dengan subjek “Formulir_MSQ_Nama Tim_Asal Sekolah” (Contoh: Formulir_MSQ_Fastabiqul Khoirot_SMA GBQ3 Malang),
c)                  MHQ
Peserta dapat mengunduh dan mengisi formulir yang di posting oleh panitia di web kemahasiswaan ub : Kemahasiswaan.ub.ac.id atau blog UKM Seni Religi http://senireligiub.blogspot.co.id,   kemudian mengumpulkannya berupa softfile dikirim melalui email mhq.gbq@gmail.com dengan subjek “Formulir_MHQ Juz 5 / 10_Nama lengkap _Asal Sekolah” (Contoh: Formulir_MHQ Juz 10_Fastabiqul Khoirot_SMA GBQ3 Malang)
d)                 LKTA
Setiap tim dapat mengirimkan karya tulisnya beserta dokumen tambahan ke alamat email lkta.gbq@gmail.com dalam bentuk ZIP/RAR mulai tanggal 12 Januari 2016 dan terakhir pada tanggal 2 Februari 2016 (pukul 23.59 WIB) dengan subjek: LKTA_Nama Ketua_Asal Sekolah_3 Kata Pertama dalam Judul. (Contoh: LKTA_Lailatul Qurrota_ SMAN 1 Malang_Zakat Produktif)

e)                  MKQ
Peserta dapat mengunduh dan mengisi formulir yang di posting oleh panitia  di web kemahasiswaan ub : Kemahasiswaan.ub.ac.id, blog UKM Seni Religi http://senireligiub.blogspot.co.id  kemudian mengumpulkannya berupa softcopy dikirim melalui email mkq.gbq@gmail.com dengan subjek “Formulir_MKQ_Nama Lengkap_Asal Sekolah” (Contoh: Formulir_MKQ_Azmi Azhari_SMA GBQ3 Malang),

f)                   DAA
Peserta dapat mengunduh dan mengisi formulir yang di posting oleh panitia di web kemahasiswaan ub : Kemahasiswaan.ub.ac.id, blog UKM Seni Religi http://senireligiub.blogspot.co.id  kemudian mengumpulkannya berupa softcopy dikirim melalui email daq.gbq@gmail.com dengan subjek “Formulir_DAA_Nama Tim_Asal Sekolah” (Contoh: Formulir_DAA_Fastabiqul Khoirot_SMA GBQ3 Malang)

HADIAH:
Secara umum para pemenang akan mendapatkan UANG PEMBINAAN + SERTIFIKAT + TROPHY
“Total Hadiah Puluhan Juta Rupiah”

CONTACT PERSON
Nita: 085749054117
Alvie: 081282189425
info ini dikirimkan oleh Nisa blimcs

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo Like Fb kami: info lomba