Kompetisi Esai Mini World Project -2015 - Georgia

Deadline 14 Oktober 2015



The World of Georgia,
Georgia mungkin masih terasa asing bagi orang Indonesia - perwakilan resmi pertama Georgia di Asia Tenggara baru dibuka tahun 2012 lalu di Jakarta. Namun ternyata, negeri yang terletak di Kaukasus ini memiliki sejumlah keunikan yang belum banyak diketahui publik.

Tahukah Anda bahwa tradisi pembuatan wine Georgia adalah salah satu yang tertua di dunia? Dimulai sejak 8000 tahun lalu, wine Georgia yang dibuat dengan metode Kvevri telah lama menjadi warisan dunia UNESCO. Selain itu, Georgia juga memiliki sistem tulisannya sendiri, demografinya bergunung seperti Indonesia dan karena berada di perbatasan Eropa dan Asia (Eurasia) negeri ini mempunyai kebudayaan dan tradisi yang khas.

Semua keunikan Georgia hendaknya dikaji lebih lanjut untuk memperkaya pengetahuan dan membangun kerjasama yang lebih erat dengan negara Kaukasus Selatan ini. Sebagai bagian dari upaya mempromosikan potensi kerjasama antara Indonesia dan negara-negara sahabat, Leavco Language Centre mengundang pelajar SMA, mahasiswa S1 dan masyarakat umum untuk mengikuti kompetisi menulis esai bertema "The World of Georgia". Subtema esai tahun ini adalah:
1) Menjelajahi Keunikan Georgia: Sejarah, Bahasa dan Budaya.
2) Hubungan Indonesia-Georgia: Tren Kerjasama Ekonomi di Masa Depan.
3) Georgia dan Perannya di Eurasia.

Ketentuan penulisan:
  1. Naskah diketik pada kertas ukuran A4, huruf Arial 12, margin kiri-kanan-atas-bawah 4-3-3-3 cm, spasi 1,5. 
  2. Gaya bahasa populer, sistematis dan mudah dimengerti khalayak umum. Ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  3. Tulisan 4-5 halaman tidak termasuk lampiran, daftar pustaka/sumber referensi, biografi peserta, scan/foto KTP atau KTM (tidak wajib untuk kategori pelajar SMA), dan halaman pernyataan keaslian tulisan.
  4. Penulisan nomor halaman menggunakan angka Arab 1,2,3 dan seterusnya di sudut kanan bawah. Urutan penulisan: Isi esai, lampiran/data pendukung (jika ada), daftar pustaka/sumber referensi, biografi peserta, scan/foto KTP atau KTM dan pernyataan keaslian tulisan dalam satu file pdf.
  5. Naskah dikirim ke mwpgeorgia2015@leavco.com. Naskah diterima paling lambat tanggal 14 Oktober 2015, pukul 23.59 WIB dalam format pdf.
  6. Naskah yang masuk menjadi milik panitia, hak cipta tetap ada pada pengarang. Panita tidak bertanggungjawab atas klaim pihak ketiga atas naskah yang dikirimkan.

Persyaratan peserta
  1. Melakukan “like and share” halaman facebook (https://web.facebook.com/leavco) dan follow twitter (https://twitter.com/theleavco) atau instagram (leavco_id) Leavco Language Centre. Peserta yang telah mengirimkan esai wajib konfirmasi melalui sms ke nomor 085811264236 dengan format nama lengkap_kategori peserta_judul esai_asal sekolah/universitas/umum.
  2. Peserta adalah individu dan diperbolehkan mengirim maksimal 2 esai.
  3. Penjurian akan dilakukan oleh tiga orang juri dari perwakilan Kedutaan Besar Georgia di Jakarta dan perwakilan Leavco Language Centre. Keputusan juri bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.
  4. Kriteria penilaian mencakup: orisinalitas ide tulisan, gaya bahasa dan sistematika penulisan. Lomba bersifat gratis.
Hadiah:
3 orang pemenang kategori pelajar SMA dan 7 orang pemenang kategori mahasiswa atau umum mendapatkan koleksi souvenir asli dari Georgia dan undangan eksklusif makan malam bersama Duta Besar Republik Georgia, Y.M Zurab Aleksidze di Kedutaan Besar Republik Georgia – Jakarta dalam acara penyerahan hadiah tanggal 7 November 2015. Akomodasi & transportasi dari dan ke Kedutaan Besar Republik Georgia di Jakarta ditanggung pemenang. Hadiah souvenir akan dikirimkan melalui pos apabila pemenang tidak menghadiri acara penyerahan hadiah di Jakarta.

Info & Daftar Kontak:
Website : www.leavco.com
SMS/Whatsapp: 085811264236 (Chandra)
Instagram : leavco_id
Twitter      : https://twitter.com/theleavco

info ini dikirimkan oleh Chandra Putra

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo Like Fb kami: info lomba