Lomba Photovoice "Akses untuk Semua"

Deadline 10 Desember 2014

Tema:
Tema yang diangkat dalam lomba esai foto ini adalah " Akses untuk Semua” Refleksi & Potret Difabel Indonesia".

Ketentuan Lomba
klik utk perbesar

A.     Obyek foto :
1.     Menggambarkan aktivitas atau kondisi masyarakat difabel di Indonesia dengan pencapaiannya baik positif maupun negatif atas implementasi yang sudah dijalankan oleh masyarakat maupun pemerintah.
2.     Memberikan gambaran nyata pelaksanaan pemenuhan hak difabel yang belum atau tidak sesuai atau kondisi yang sesuai dengan konvensi pemenuhan hak-hak difabel.
3.     Isu foto yang diangkat dalam foto diberi kebebasan sesuai dengan minat peserta (pendidikan, kesehatan, infrastruktur, kehidupan sosial, stigma dan sebagainya).


B.    Syarat dan Ketentuan :
1.     Ketentuan Umum:
a.     Terbuka untuk umum, pelajar dan mahasiswa dan jurnalis fotografer. Warga Negara Indonesia
b.     Foto hasil karya sendiri dan belum pernah menang dalam lomba sejenis.
c.      Peserta diminta mengirimkan dua kondisi dalam foto yang dilombakan (pasangan foto / foto pairs), jumlah foto pairs yang dapat menyesuaikan (contoh 3-4 foto pairs = 6-8 lembar foto).
d.     Hak cipta melekat pada fotografer, namun Panitia diberikan hak/ijin untuk mempublikasikan foto yang masuk nominasi (finalis) untuk kepentingan non-komersial. Panitia dibebaskan dari tuntutan pihak ke-3, bila foto digunakan untuk keperluan tersebut.
e.     Peserta hanya berhak atas 1(satu) pemenang.
f.       Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti lomba ini.
g.     Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak, sah dan tidak dapat diganggu gugat.



2.     Ketentuan Khusus:
a.     Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 5 buah karya foto dalam format digital (JPEG) ukuran minimal 1,5 MB, 1280 pixel sisi terpanjang.
b.     Foto berwarna atau hitam putih yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil foto dari pemotretan menggunakan kamera digital.
c.      Foto merupakan hasil karya sepanjang 1998-2014 yang akan dibuktikan dari data exif file foto.
d.     Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto (sharpening, cropping, color balance, dan saturasi warna) tanpa merubah keaslian objek.
e.     Tidak diperbolehkan mengirimkan foto berupa kombinasi lebih dari satu foto (kolase, composite dan montage) dan menghilangkan/mengubah elemen-elemen dalam satu foto.
f.       Wajib menyertakan penjelasan foto dalam kalimat sederhana dan mudah dipahami maks 200 karakter.
g.     Panitia berhak mendiskualifikasi foto peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.


C.    Pendaftaran
Mengisi terlebih dulu pendaftaran lomba melalui DAFTAR à LOMBA di  http://ti2014.solider.or.id . Kemudian mengirimkan hasil karya lomba.

D.    Pengiriman :
a.     Bagi yang mengirim lewat email dapat dikirim ke temuinklusi@solider.or.id  dan lombafoto.difabel@gmail.com, disertai keterangan di setiap foto yang menjelaskan lokasi dan tanggal foto.

b.     Bagi yang mengirim dalam bentuk cetakan, silahkan dicetak dengan  ukuran 10R disertai keterangan di kertas lainnya. Semua karya foto dimasukkan ke dalam amplop tertutup dan di sudut kiri atas amplop ditulis LOMBA ESAI FOTO ACCESS FOR ALL.Dikirim ke alamat:

Sekretariat Lomba Temu Inklusi 2014
Perum SGPLB B30, Jl. Wates Km 3
Yogyakarta 55182

c.      Semua pengiriman disertai keterangan identitas diri KTP, Kartu Pers untuk Jurnalis dan CV. No handphone wajib diisi.
d.     Pengiriman foto selambat-lambatnya diterima panitia 10 Desember 2014 (cap pos).


A.    Kriteria Penilaian:
1.     Makna Foto
2.     Estetika
3.     Mutu Teknis

Pengumuman Lomba
Pengumuman lomba akan dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2014 dalam acara Temu Inklusi 2014 di Desa Sendangtirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta

HADIAH LOMBA:
                     
  1. Juara I : Uang Tunai Rp 3.000.000 + Sertifikat
  2. Juara II : Uang Tunai Rp 2.000.000 + Sertifikat
  3. Juara III : Uang Tunai Rp 1.000.000 + Sertifikat

Penyelenggara: Konsorsium Jogja Inklusi
Kontak person: Brita Utami 0857 2541 7333

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo Like Fb kami: info lomba