Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional "Bakti Formica untuk Bangsa"

Deadline 31 desember 2014

Penyelenggara:
Himpunan Mahasiswa Biologi Formica Universitas Pendidikan Indonesia (HMBF UPI)

Tema:
“Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Kearifan Lokal Sebagai Inovasi dalam Menghadapi ASEAN Community 2015”


Deskripsi tema:
Peserta diharapkan dapat mengembangkan dan menerapkan ide serta gagasan yang kreatif juga inovatif dalam memanfaatkan sumber daya kearifan lokal yang tersedia  di Indonesia, terutama daerah asal masing-masing. Pemanfaatan ini ditujukan untuk menghasilkan sumber daya lokal dalam bidang energi, pangan, medis, pendidikan dan lingkungan. Hasil yang diharpkan berupa sebuah inovasi baru dalam bidang energi, pangan, medis, pendidikan, dan lingkungan dengan tujuan untuk mempersiapkan kemajuan dalam berbagai bidang dalam menghadapi ASEAN Community 2015.

Selain dapat memanfaatkan, diharapkan peserta juga dapat mengelola dengan baik dan bijak sumber daya kearifan lokal yang digunakan agar dapat terus dimanfaatkan tanpa merusak ataupun  menghilangkan sehingga sumber daya tersebut terjamin ketersediaannya. Pemanfaatan dalam bidang energi, pangan, medis, pendidikan dan lingkungan  yang dibuat ini harus bersifat ramah lingkungan dan ekonomis, baik dalam proses pembuatannya maupun produk yang dihasilkan sehigga diharapkan  kelak dapat dimanfaatkan masyarakat luas.

Ketentuan Kepersertaan
•    Peserta adalah siswa SMA/sederajat se-Indonesia dengan asal tingkat (kelas) bebas
•    Jumlah regu yang mendaftar dari masing-masing sekolah maksimal 3
•    Tiap regu terdiri dari tiga orang
•    Karya yang dikirimkan adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan dan belum pernah menjadi juara pada event yang lain.

Mekanisme Pendaftaran
•    Syarat Pendaftaran
    Membawa foto ukuran 3x4 2 lembar
    Foto kopi KTS/KTP
    Mengisi formulir pendaftaran

•    Mulai    : 23 September 2014 – 20 Desember 2014
•    Waktu    : 08.00 – 15.00 WIB
•    Lokasi    : Stand pendaftaran BFUB XVI, (depan Laboratoruim Ekologi) Gedung FPMIPA A (JICA)  UPI
*pendaftaran dilakukan juga secara online dengan mengirim formulir pendafratan + abstrak ke alamat email panitia : susantidewi38@gmail.com
*formulir pendaftaran dapat didownload di http://bfubupi.com/lomba-karya-tulis-ilmiah/
•    Biaya:
1.    Free untuk tahap pengumpulan abstrak
2.    Bagi peserta yang lolos babak penyisihan abstrak, dilakukan pendaftaran ulang dengan membayar biaya sebesar Rp 125.000,00.
Biaya pendaftaran  dapat dikirim melalui rekening BNI 0262478375 a.n. Nursolihat.

•    Fasilitas:
1.    konsumsi
2.    name tag
3.    alat tulis
4.    sertifikat

•    Konfirmasi pendaftaran dilakukan melalui SMS ke nomor 087727727231 (Dewi Susanti) dengan format :
LKTI (spasi) NamaSekolah (spasi) NamaPeserta (spasi) Nama Pembimbing

Pelaksanaan
Lomba Karya Tulis Nasional ini terdiri dari tiga babak, yaitu babak penyisihan, semi final dan babak putaran final serta pameran karya.

1.    Babak Penyisihan
Peserta mengumpulkan abstrak karya tulis ilmiah beserta formulir pendaftaran kepada panitia malalui alamat email panitia : susantidewi38@gmail.com
Pengumpulan Abstrak paling lambat tanggal 20 Desember 2014, dan peserta yang lolos seleksi abstrak diumumkan pada tanggal 26 Desember 2014. Format penulisan abstrak download di http://bfubupi.com/lomba-karya-tulis-ilmiah/

2.    Babak Semi Final
•    Peserta yang lolos seleksi abstrak menyerahkan makalah karya tulis ilmiah kepada panitia. Makalah bias dikirimkan langsung dengan mendatangi stand BFUB XVI yang berada di depan Laboratoruim Ekologi Gedung FPMIPA A (JICA)  UPI atau melalui titipan kilat ke alamat pos :
Panitia Bakti Formica Untuk Bangsa (BFUB) XVI
(Lomba Karya Tulis Ilmiah)
Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA
Universitas Pendidikan Indonesia
Jalan Dr. Setiabudhi 229 Bandung Jawa Barat 40154
Gedung FPMIPA A(JICA) UPI Lt. 1 (depan Lab. Ekologi)
•    Makalah merupakan hasil karya kelompok, orisinil, belum pernah diterbitkan di media manapun, serta tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis
•    Makalah harus sudah diterima oleh panitia paling lambat tanggal 14 Januari 2015 (cap pos) sebanyak empat buah makalah asli, dilampirkan KTP/KTS peserta dan tanda pembayaran
•    Penyeleksian dilakukan oleh tim juri Penjurian akan menentukan sepuluh karya terbaik dari makalah yang masuk, yang selanjutnya akan menjadi peserta di putaran final. Sepuluh karya tulis terbaik tersebutakan dipresentasikan oleh peserta yang bersangkutan pada babak putaran final dan akan di umumkan pada tanggal 26 januari 2015.

3.    BabakPutaran Final
•    Peserta yang karya tulisnya lolos final akan mempresentasikan karya tulis tersebut pada babak putaran final di hadapan dewan juri yaitu pada tanggal 7 Februari 2015 Peserta diwajibkan untuk mempersiapkan media presentasi dengan format ppt/flash dan menyerahkannya kepada panitia dalam bentuk CD saat tehnical meeting.
•    Alat bantu presentasi disediakan oleh peserta (misalnya laptop) kecuali OHP dan LCD proyektor akan disediakan panitia. Teknis lebih lanjut akan dibicarakan saat technical meeting 6 Februari 2015.

4.    PameranKarya
•    Seluruh karya dari peserta yang lolos seleksi akan dipamerkan dalam Pameran Pendidikan BFUB XVI pada 8 Februari 2015
•    Panitia akan menyediakan meja dan stand khusus untuk para finalis LKTI
•    Seluruh peserta diharapkan berpartisipasi karena di akhir acara akan dipilih karya terfavorit pilihan pengunjung BFUB XVI.

5.    Pengumuman Hasil Seleksi
Hasil seleksi abstrak dan semi final dapat dilihat di website www.bfub.hmbfupi.com. Peserta yang lolos ke putaran final akan langsung dihubungi oleh pihak panitia melalui telepon.

Informasi
•    Contact Person :  087727727231 (Dewi Susanti)
•    Media informasi lainnya :
Email        : bemhmbf@gmail.com
Twitter        : @BFUB_Formica
Tumblr        : bfub-xvii.tumblr.com
Website        : http://bfubupi.com/lomba-karya-tulis-ilmiah/



NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo Like Fb kami: info lomba