Lomba Karya Tulis Ilmiah ACTIVE UNS

klik untuk memperbesar
LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) merupakan salah satu rangkaian acara ACTIVE (Accounting Society in Versatility) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNS. LKTI yang saat ini diselenggarakan di tingkat nasional merupakan kegiatan yang bertujuan menumbuhkan minat menulis di kalangan mahasiswa. Selain itu, melalui tema yang dipilih diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap kritis, dan kreatif bagi mahasiswa.

Tema yang kami angkat saat ini adalah “Sustainable Development Strategy For a Better Indonesia” merupakan isu yang sedang hangat diperbincangkan oleh berbagai kalangan, mulai dari ekonom, praktisi lingkungan, bisnis, maupun social masyarakat di Indonesia.

A. Tema dan Sub Tema
Tema umum:
Strategi Pembangunan Berkelanjutan untuk Indonesia yang Lebih Baik "Sustainable Development Strategy for a Better Indonesia"
Sub tema:

1. Bidang Akuntansi
Penerapan Green Accounting dalam Pengungkapan Aktivitas Operasi Perusahaan
2. Bidang Ekonomi
Triple Bottom Line sebagai Implementasi Penerapan CSR dalam Setiap Bentuk Organisasi/Badan Hukum serta Pengaruhnya terhadap Bisnis, Investasi, dan Perekonomian untuk Mendukung Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia
3. Bidang Teknik
Penciptaan Teknologi Ramah Lingkungan sebagai Pendukung Program Pembangunan Berkelanjutan Indonesia
4. Bidang Pertanian
Pengelolaan dan Pemanfaatan Agribisnis di Indonesia Berbasis Konsep Pembangunan Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan
5. Bidang Sosial Budaya
Peran Nilai Sosial-Budaya Masyarakat dalam Mendukung Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia
6. Bidang Hukum
Penerapan Regulasi Negara untuk Mendorong Terlaksananya Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia

B. Hadiah Pemenang
Juara I
· Piala Rektor UNS*
· Uang tunai Rp3.500.000,00
· Sertifikat
Juara II
· Piala Walikota Surakarta*
· Uang tunai Rp2.500.000,00
· Sertifikat
Juara III
· Piala IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) Surakarta*
· Uang tunai Rp1.500.000,00
· Sertifikat
*dalam konfirmasi

C. Persyaratan Peserta
  1. Peserta LKTI Nasional ACTIVE 2012 adalah mahasiswa aktif diploma maupun strata 1 dari seluruh perguruan tinggi swasta dan negeri di Indonesia.
  2. Peserta LKTI Nasional ACTIVE 2012 adalah perseorangan atau tim yang terdiri dari maksimal 3 orang. Anggota tim dapat berasal dari fakultas/departemen yang berbeda, tetapi masih dalam satu perguruan tinggi.
  3. Peserta LKTI Nasional ACTIVE 2012 diperkenankan mengirim lebih dari satu judul karya tulis, maksimal tiga judul karya tulis, dengan syarat anggota tim berbeda, dan peserta tidak boleh merangkap jabatan sebagai ketua tim di tiga karya tulis yang dibuat (salah satu diperbolehkan).
  4. Peserta LKTI Nasional ACTIVE 2012 sanggup mengikuti ketentuan yang ada dalam Pedoman Umum LKTI Nasional ACTIVE 2012.
  5. Peserta LKTI Nasional ACTIVE 2012 belum pernah mempublikasikan atau melombakan karya tulis yang sama pada lomba lain yang dinyatakan dalam surat pernyataan yang dilampirkan.
  6. Apabila ada kecurangan yang ditemukan panitia, baik sebelum, selama, ataupun setelah kompetisi berlangsung, maka peserta yang bersangkutan dinyatakan gugur.
  7. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


1. Tahap Penyisihan
Hasil karya tulis ilmiah yang diajukan dalam bentuk hardcopy dan softcopy diseleksi oleh tim penilai dan juri yang telah ditentukan pada tanggal 8 Oktober – 30 Oktober 2012. Untuk menjaga independensi, maka dalam penjurian tidak akan dilampirkan halaman judul dan identitas nama peserta. Dalam tahapan ini akan dipilih 10 besar karya tulis terbaik untuk mengikuti tahap presentasi.

2. Tahap Presentasi
a. Peserta yang lolos pada tahapan seleksi pertama (10 besar) akan diinformasikan melalui web resmi http://active.hmjafeuns.com/ pada tanggal 5 November 2012.
b. Tahap presentasi akan dilaksanakan dalam rangkaian acara ACTIVE 2012 di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada tanggal 22 – 24 November 2012.
c. Peserta yang lolos menuju tahap presentasi wajib melakukan daftar ulang sesuai ketentuan dan jadwal yang telah ditentukan dengan menunjukkan bukti slip pembayaran asli dan kartu mahasiswa.
d. Peserta berpakaian rapi, sopan, bersepatu, dan memakai jas almamater universitas pada saat acara berlangsung.
e. Presentasi menggunakan media Microsoft Power Point 2003/2007. Materi presentasi diserahkan kepada panitia pada saat Technical Meeting.
f. Peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulisnya dihadapan tiga dewan juri, yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi atau pengamat, dan delegasi instansi pemerintah. Alokasi waktu presentasi masing-masing peserta adalah:
o Presentasi karya tulis maksimal 10 menit
o Tanya-jawab dengan masing-masing dewan juri maksimal 3 menit
g. Peserta diperbolehkan menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan isi dari presentasi. Sarana dan prasarana tersebut dipersiapkan dan dibawa sendiri oleh peserta.
h. Dalam tahapan final ini ditentukan pemenang yang terdiri dari Juara I, II, dan III. Pengumuman lomba dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan dalam acara Seminar Nasional pada tanggal 24 November 2012 di aula Fakultas Ekonomi UNS Surakarta.

CONTACT PERSON
Nia 0896 6869 9314
Riana 0857 2905 5537
Beltian 0856 4747 5997
Lebih lengkap kunjungi Web ACTIVE : http://active.hmjafeuns.com/
Email : hmjakt_feuns@yahoo.com

Info kiriman Herjuno Chondro

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo