Lomba Karya Cipta Teknologi Nasional EIA 2012

Departemen Ristek Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Diponegoro mempersembahkan:
Electrical Innovation Awards

 "Electrical Innovation Award 2012", 

     Sebuah kompetisi karya cipta teknologi yang melibatkan putra-putri Indonesia dari kalangan pelajar SMA-SMK sederajat serta mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Nasional.

Tema yang diusung adalah “Rekayasa untuk Membangun Bangsa”
Rekayasa tak selamanya bermakna negatif, rekayasa dalam konteks ini bermakna sebagai suatu metode yang berfungsi untuk meningkatkan efektifitas dan daya guna dalam suatu teknologi. Peserta diharuskan mengangkat sebuah topik tentang persoalan dan memberikan solusi berupa rekayasa teknologi yang inovatif dan ekonomis yang diberikan dalam bentuk karya tulis dan alat atau prototipenya, sehingga terdapat nilai lebih dari teknologi atau metode yang selama ini digunakan. Rekayasa atau metode tersebut digunakan untuk menciptakan suatu teknologi baru yang mampu memberikan nilai lebih dari potensi yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju bangsa yang lebih baik. 
Persyaratan Peserta Untuk Kategori Mahasiswa :
  1. Peserta EIA adalah kelompok mahasiswa yang sedang aktif dan resmi terdaftar mengikuti pendidikan di PTN/PTS di Indonesia.
  2. Mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, bergantung pada bidang kegiatan dan topik yang akan dilaksanakan.
  3. Tiap proposal disarankan dibimbing oleh seorang dosen 
  4. Peserta masih berstatus mahasiswa pada saat presentasi grand final.
 Persyaratan Peserta Untuk Kategori Mahasiswa :
1.    Peserta EIA adalah kelompok siswa SMA/sederajat
2.    Tiap proposal disarankan dibimbing oleh seorang guru
3.    Peserta masih berstatus siswa SMA/sederajat pada saat presentasi grand final.
 
Pendaftaran
1.      Pendaftaran di buka 1 Agustus – 5 Oktober 2012
2.      Melakukan pembayaran melalui Bank BTN dengan subject “Bukti transfer Pembayaran EIA 2012” ke nomor rekening 00175-01-61-002514-4 (Ilham Akbar Sukmawan)
3.      Mengkonfirmasi pembayaran via SMS ke Ilham (085641101928) atau Akbar (085814838883) dan tunggu balasan konfirmasinya.
4.      Mengirim berkas pada skretariat Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Diponegoro Jalan Prof.Sudharto Kampus Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah (50275) Ruang B105 HMJ.
 
Ketentuan Electrical Innovation Awards 2012
  1. Satu kelompok maksimal terdiri dari 3 (tiga) orang.
  2. Mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, bergantung pada bidang kegiatan dan topik yang akan dilaksanakan. 
  3. Peserta wajib mengirimkan video simulasi kerja alat yang dibuat atau foto-foto serta dikumpulkan menjadi satu dengan karya tulisnya dalam bentuk CD (CD boleh jadi satu dengan softfile karya tulis). 
  4. Tiap kelompok dapat mengirimkan lebih dari satu proposal. 
  5. Naskah proposal yang dikirimkan merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah memenangkan perlombaan serupa di tempat lain. 
  6. Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat penghargaan (sertifikat peserta, Finalis atau Juara) 
  7. Proposal dibuat rangkap 3 ( hardfile ) dan dalam bentuk softfile (CD). Softfile dibuat dalam bentuk PDF dengan nama file :
EIA-EFEST 2011-Nama perguruan tinggi-Judul
(judul tiga suku kata paling awal)
Contoh:
EIA-EFEST 2012-UNDIP-PERANCANGAN SEPEDA TERBANG
Membayar uang pendaftaran ke nomor rekening 00175-01-61-002514-4 (Ilham Akbar Sukmawan). 
8.      Karya, video, dan foto copy bukti pembayaran harus diserahkan sebelum deadline waktu yang telah ditentukan (5 Oktober 2012) ke Himpunan Mahasiswa Elektro Jalan Prof.Sudharto Kampus Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah (50275) Ruang B105 HMJ yang dimasukan ke dalam amplop Coklat (foto kopi bukti pembayaran, proposal rancangan karya, foto kopi KTM/KTP, dan video hasil karya yang dikirimkan dalam bentuk CD/DVD). (Pendaftaran tanpa menggunakan formulir, langsung kumpul berkas).
  1. Peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00/proposal untuk kategori mahasiswa dan Rp 75.000,00/proposal untuk kategori SMA-sederajat.
  2. Setelah pengumpulan proposal yang dilombakan, naskah tersebut akan diseleksi oleh juri dan dipilih 30 kelompok finalis terbaik yang terdiri dari 15 kelompok dari mahasiswa dan 15 kelompok dari SMA sederajat. 
  3. Pengumuman finalis dapat diakses melalui web Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Diponegoro (hme.undip.ac.id) blog Electrical Festival (efest2012.wordpress.com) pada tanggal 29 Oktober 2012. 
  4. Para finalis yang lolos ke grand final akan mempersentasikan hasil dari karya tulis yang mereka buat dan menampilkan karyanya pada stand yang telah disediakan panitia di Auditorium Imam Bardjo Jln.Imam Bardjo, Pleburan, Semarang.
  1. Format Penulisan Proposal sesuai dengan Panduan yang dapat didownload di www.hme.undip.ac.id dan www.efest2012.wordpress.com .
  2. Karya tulis diberi sampul dengan kertas buffalo berwarna biru untuk kategori mahasiswa dan berwarna hijau untuk kategori pelajar. 
  3. Jumlah halaman maksimum yang diperkenankan untuk setiap usulan adalah 15 (lima belas) lembar (terhitung dari abstraksi sampai lampiran termasuk CV pengusul dan pembimbing; tidak termasuk Halaman Judul, Halaman Pengesahan, Daftar Isi dan Daftar Gambar). 
  4. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
Seleksi peserta
Seleksi Tahap 1 (Seleksi Abstraksi & Proposal)
Tahapan ini merupakan kompetisi/seleksi berupa abstraksi & proposal rancangan karya yang akan direalisasikan. Aspek pertama penilaian karya tersebut adalah nilai guna, niali ekonomis, inovasi, kreatifitas, dan orisinilitas ide yang tercantum pada abstraksi dan proposal yang telah dibuat. Aspek penilaian lainnya mencakup desain dan estetika, cara dan hasil pengekspresian, performa, dan presntasi karya yang diketahui dari video atau foto yang telah dikirim. Peserta yang lolos tahap ini wajib membuat karyanya menjadi bentuk yang sudah bisa digunakan atau prototype alat hasil dari karya tulisnya.
Stand Show & Grand Final
Merupakan puncak acara EIA, dimana finalis akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil dari karya tulisnya di depan para juri untuk dinilai, sehingga dapat menentukan juara pada acara EIA ini. Para finalis setelah melakukan presentasi akan diberikan stand-stand untuk memperlihatkan dan mempresentasikan hasil karyanya pada kalangan umum.

Timeline Kegiatan
Pendaftaran : 30 Juli – 5 oktober 2012
Technical Meeting : 23 November 2012 (Kampus Teknik Elektro Universitas Diponegoro)
Batas Pengumpulan Proposal : 5 Oktober 2012
Pengumuman 15 besar : 29 Oktober 2012
Grand Final : 24 November 2012 (Auditorium Imam Bardjo Kampus Undip Pleburan)
 
Hadiah dan Penghargaan
Kategori mahasiswa
Juara 1 : Rp 3.000.000,00 + Sertifikat Juara + Trophy Juara
Juara 2 : Rp 2.000.000,00 + Sertifikat Juara + Trophy Juara
Juara 3 : Rp 1.000.000,00 + Sertifikat Juara + Trophy Juara
Finalis 15 besar : Sertifikat Finalis
Peserta : Sertifikat Peserta
Kategori Siswa SMA sederajat
Juara 1 : Rp 1.500.000,00 + Sertifikat Juara + Trophy Juara
Juara 2 : Rp 1.000.000,00 + Sertifikat Juara + Trophy Juara
Juara 3 : Rp 500.000,00 + Sertifikat Juara + Trophy Juara
Finalis 15 besar : Sertifikat Finalis
Peserta : Sertifikat Peserta

CP: ilham 083842819827
info lengakp klik: www.efest2012.wordpress.com

info kiriman Ilham Akbar via email.
NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber dengan backlink ke blog info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo