Kompetisi Esai Foto “Potret Dhuafa Perekonomian Indonesia”

Mengundang rekan-rekan pencinta fotografi, jurnalistik, dan yang peduli kepada rakyat kecil untuk mengikuti

KOMPETISI ESAI FOTO"POTRET DHUAFA PEREKONOMIAN INDONESIA"


Ketentuan Kompetisi Esai Foto “Potret Dhuafa Perekonomian Indonesia”
  • Tema :Tenaga Kerja Sektor Informal Skala Mikro dan Kecil di Indonesia
  • Jenis Foto : Foto Esai minimal 5-9 objek foto 
  • Waktu Pengumpulan Foto : 10 Agustus 2012 – 5 Oktober 2012 
  • Penjurian : 15-19 Oktober 2012 
  • Pengumuman Pemenang : 22 Oktober 2012
Hadiah :
  1. Juara I Uang sebesar Rp 10.000.000,-
  2.  Juara II Uang Sebesar Rp 7.500.000,- 
  3. Juara III Uang sebesar Rp 5.000.000,- 
  4. Juara Favorit (Hasil Vote di Facebook Page Kompetisi Foto Potret Dhuafa Perekonomian Indonesia) mendapatkan uang sebesar Rp 5.000.000,-
Foto-foto yang dipandang bagus dan memiliki nilai pesan untuk diketengahkan juga akan ikut dipublikasikan dalam buku “Potret Dhuafa Perekonomian Indonesia” yang insyaallah akan terbit pada tahun 2013. Bagi peserta yg karyanya terpilih untuk dipublikasikan sekalipun tidak terpilih menjadi juara, berhak mendapatkan 1 buah buku tersebut dan kompensasi Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk setiap foto. Ketentuan kompensasi ini tidak berlaku bagi peserta yang menjadi juara.

Ketentuan Kompetisi Esai Foto:
  1. Objek foto adalah potret tenaga kerja informal skala mikro dan kecil di Indonesia yang disertai dengan narasi hasil wawancara sesuai dengan pertanyaan kuesioner.
  2. Setiap peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 karya, bebas biaya pendaftaran. 
  3. Setiap karya terdiri dari 5-9 objek foto. Masing-masing objek bisa terdiri dari 1-5 seri foto. Setiap objek foto dilengkapi dengan keterangan foto (caption), narasi, dan menyertakan dokumen pendukung berupa kuesioner-kuesioner asli yang telah berisi jawaban (kuesioner dan TOR dapat diunduh di www.darwinsaleh.com). Caption wajib menyebutkan 4 keterangan ringkas obyek foto, yakni a) nama dan usia obyek foto; b) jenis usaha; c) lokasi (kecamatan, kabupaten/kota, provinsi); dan d) waktu pengambilan foto (jam dan tanggal). 
  4. Karya foto yang diikutsertakan untuk lomba merupakan karya asli, tidak direkayasa, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan belum pernah meraih penghargaan apapun. 
  5. Editing minor diperbolehkan sebatas untuk pencahayaan (gelap/terang). 
  6. Jenis kamera bebas (kecuali kamera handphone).
  7. Dilarang melakukan digital imaging. 
  8. Dilarang menambah atau mengurangi obyek foto 
  9. Esai/Narasi foto berisi hasil wawancara dengan objek foto tersebut yang harus mencakup: - Nama dan umur objek foto - Jenis usaha - Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha (nominal uang dan peralatan seperti gerobak, pikulan, dan lain sebagainya). - Pendapatan per hari dan per bulan - Pengeluaran per bulan - Daya listrik di tempat tinggal - Biaya listrik per bulan - Jumlah anggota keluarga, jumlah anggota keluarga yang bekerja, dan penghasilan keluarga per bulan. - Opini peserta terkait kondisi objek foto dan solusi yang direkomendasikan 
  10. Esai/Narasi foto minimal 2 halaman dan maksimal 3 halaman, Times New Roman, 12, spasi single. 
  11. Lomba foto ditujukan untuk umum. 
  12. Peserta kompetisi adalah perseorangan, bukan kelompok. Foto dibuat dalam periode 2011-2012 dalam format file digital (JPEG / min 2000 pixels)Karya foto yang dikirimkan berupa hardcopy (cetak) ukuran 8R, beserta softcopy disimpan dalam 1 keping CD.  
  13. Referensi dan data untuk melengkapi narasi dapat dilihat dari Survey Ekonomi BPS, APBN, data tenaga kerja Kemenakertrans, Human Development Index Indonesia, dan sumber-sumber terkait tema yang ditentukan, dari berbagai sumber dan website terkait. 
  14. Setiap karya yang dikirimkan merupakan karya asli, belum pernah dipublikasikan, dan isinya merupakan tanggung jawab peserta. 
  15. Setiap karya harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia 
  16. Karya tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi. 
  17. Karya foto yang sudah dikirimkan akan menjadi hak panitia.  
  18. Segala bentuk klaim kepemilikan dari pihak lain atas suatu karya peserta sepenuhnya merupakan tanggung jawab peserta. 
  19. Dengan mengirimkan foto untuk mengikuti lomba ini, berarti peserta tunduk kepada seluruh ketentuan dan peraturan yang dibuat oleh panitia. 
  20. Keputusan dewan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat, dan tidak melayani korespondensi atau surat menyurat. 
  21. Peserta mengirimkan karyanya dalam amplop tertutup langsung melalui pos ke alamat :
PT Savolindo Karsa Samudra
Menara Jamsostek, Menara Selatan Lt. 7
Jl.Gatot Subroto Kavling 28
Jakarta, 12710

  22. Dalam amplop tersebut, peserta wajib melampirkan: · Selembar kertas yang berisi identitas peserta yang terdiri dari : nama asli (sesuai dengan kartu identitas), alamat peserta, profesi peserta, nomor telpon yang bisa dihubungi, serta alamat email.· Fotocopy kartu identitas yang masih berlaku atau fotokopi kartu mahasiswa. · Statement of Authorship

Info lebih lanjut hubungi (021) 52962148 ext.118 atau email ke kompetisifoto.dpi@gmail.com atau dapat mengunjungi website www.darwinsaleh.com.

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber dengan backlink ke blog info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo