Kompetisi Teknologi Pertanian Tepat Guna

Kompetisi Teknologi Pertanian Tepat Guna (KTPTG) merupakan kompetisi karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan UKM Keilmiahan IPB (FORCES/Forum for Scientific Studies) dan menjadi bagian dari rangkaian acara PIMPI (Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia) yang menjadi agenda terbesar dan bersifat tahunan. Tema dari kompetisi ini adalah “Menuju Indonesia Mandiri dengan Teknologi Pertanian Tepat Guna dan Ramah Lingkungan”. Sub tema lomba adalah paket teknologi terapan dan iptek yang telah siap diaplikasikan dapat berupa hasil-hasil penelitian, pengkajian, pengembangan dan perancangan. Kompetisi ini merupakan ajang bagi mahasiswa Indonesia untuk menyalurkan pemikirannya dalam bentuk inovasi di bidang teknologi pertanian yang berdaya guna dan bernilai ekonomis, baik yang sudah maupun yang akan terealisasi. Inovasi dituangkan dalam bentuk karya tulis yang mendeskripsikan sebuah alat jadi (dapat dibuktikan dengan prototype) untuk diseleksi kemudian dipresentasikan dan dipamerkan saat grand final.

HADIAH \(^,^)/

Juara I : Trophy + Uang Tunai Rp 4.000.000,00
Juara II : Trophy + Uang Tunai Rp 3.000.000,00
Juara III : Trophy + Uang Tunai Rp 2.000.000,00
Juara Stand terbaik : Trophy + Uang Tunai Rp 1000.000,00

Tiap finalis akan mendapatkan sertifikat penghargaan.
a. Bidang Ilmu yang Dikompetisikan

Bidang Ilmu yang dikompetisikan adalah teknologi pertanian dalam arti luas, meliputi bidang :
1. Kelautan, Perikanan dan Pertanian (dalam arti luas)
2. Kehutanan, SDA dan Lingkungan Hidup
3. Industri Kecil, Menengah dan Ekonomi Kreatif
4. Energi baru dan Terbarukan

b. Ketentuan Peserta
1. Peserta merupakan mahasiswa aktif S1 atau Diploma perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia dan masih berstatus mahasiswa saat Grand Final (dibuktikan dengan fotokopi KTM yang disertakan saat pengiriman karya).
2. Peserta dapat perorangan atau berkelompok dengan jumlah maksimal 3 orang dan berasal dari perguruan tinggi yang sama.
3. Anggota kelompok dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda.
4. Peserta harus mendapatkan rekomendasi dari pihak perguruan tinggi (Wakil/Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) yang dibuktikan dengan lembar pengesahan dalam karyanya.

c. Ketentuan Kompetisi
1. Karya tulis yang dikirimkan merupakan hasil pemikiran sendiri, bukan hasil jiplakan dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
2. Setiap tim harus membuat dan mengirimkan karya tulis sesuai dengan tema dan sistematika yang ditentukan (sistematika penulisan karya tulis dapat dilihat pada Lampiran 1).
3. Setiap proposal yang dikirimkan tidak diperkenankan sedang berpartisipasi atau telah memenangkan penghargaan dalam kompetisi serupa di tempat lain.
4. Peserta wajib mendaftarkan diri secara online di www.pimpi.event.ipb.ac.id dan via email ke pimpi.ipb@gmail.com (Format pendaftaran sesuai Lampiran 1) dan mentransfer biaya registrasi sebesar Rp. 150.000,00 ke BNI CABANG DARMAGA BOGOR a.n. ISTIQOMAH NURFITRI, Nomor Rekening 0197519859 sebelum menyerahkan karyanya ke sekretariat UKM FORCES (Forum for Scientific Studies).
5. Konfirmasi melalui sms ke Istiqomah Nurfitri (085664926123) dengan format nama PTN-nama peserta-judul karya-jam transfer.
6. Proposal dikirimkan sebanyak 4 eksemplar (hardcopy), bersamaan dengan bukti pembayaran, dan fotokopi KTM ke Sekretariat UKM FORCES.
7. Sebagai arsip panitia, peserta juga harus mengirimkan karyanya dalam bentuk softcopy ke email ktptg.pimpi@gmail.com, dengan format judul KTPTG-Nama Ketua-Asal Universitas-Judul Karya
8. Peserta diperkenankan mengirimkan lebih dari satu karya tulis (maksimal 2) dan setiap karya tulis yang diajukan mendapat bimbingan dari seorang dosen pembimbing dari perguruan tinggi yang sama.
9. Nama-nama finalis (sebanyak 10 team) akan diumumkan melalui website www.pimpi.event.ipb.ac.id pada tanggal 5 November 2012 pukul 21.00 WIB, e-mail, dan sms
10. Semua finalis diwajibkan mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri dan audience pada saat Grand Final di Kampus IPB Dramaga, Bogor pada tanggal 16 November 2012 (akan ada informasi lebih lanjut).
11. Semua finalis diharuskan mengisi stand dalam acara Gelar Karya Pertanian (GKP) pada tanggal 17 & 18 November 2012.
12. Semua finalis diharuskan membuat x-banner 1, poster 2, dan leaflet minimal 100 lembar, yang merepresentasikan ide bisnisnya untuk ditampilkan dalam GKP dan akan dipilih satu Juara GKP untuk keseluruhan rangkaian acara PIMPI (stand terbaik).
13. Finalis yang menjadi pemenang diharuskan mempresentasikan karyanya pada acara ‘Seminar Pertanian Indonesia’.
14. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
15. Segala urusan keuangan menyangkut pembuatan business plan, poster ilmiah, x-banner, leaflet, dan lain sebagainya bukan merupakan tanggung jawab panitia.

d. Ketentuan Karya Tulis
Karya tulis yang dikirimkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
1. Original
Karya harus bersifat asli tidak meniru karya orang lain.

2. Kreatif dan Inovatif
Karya berisi gagasan yang kreafif dan inovatif dalam arti belum pernah ada sebelumnya namun memiliki landasan teori yang jelas dan realistis.

3. Solutif dan Aplikatif
Karya adalah hasil telaah kritis terhadap suatu permasalaah dan isu yang mutakhir atau aktual didukung argumentasi ilmiah yang jelas, sehingga karya dapat menjadi solusi permasalahan yang ada di Indonesia dan dapat diterapkan oleh masyarakat luas.

4. Sistematis
Karya disampaikan dalam bentuk yang jelas, sistematis, runut, dan didukung oleh data atau informasi yang terpercaya.

5. Sesuai dengan bidang ilmu yang dikompetisikan
Karya tulis merupakan penjelasan/deskripsi dari inovasi teknologi di bidang pertanian yang berdaya guna dan bernilai ekonomis (prototipe, model, peralatan, proses, produk)

6. Mengikuti sistematika penulisan yang ada di lampiran 1.

e. Agenda Kompetisi
Tahap pendaftaran : 1 Juli – 22 Oktober 2012
Tahap penerimaan naskah : 1 Juli – 22 Oktober 2012 (cap pos)
Tahap seleksi : 27 Oktober – 4 November 2012
Pengumuman finalis : 5 November 2012 pukul 21.00 WIB
Grand final : 16 November 2012
Pameran GKP : 17 – 18 November 2012
Pengumuman Pemenang : 18 November 2012
Catatan :
· Jadwal Kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu, untuk lebih jelasnya dapat dilihat di www.pimpi.event.ipb.ac.id
Pemenang (Juara I, II, dan III) KTPTG akan diumumkan pada Seminar Pertanian Indonesia pada tanggal 
18 November 2012.

· Seluruh finalis wajib mengikuti Seminar Pertanian Indonesia dan pameran Gelar Karya Pertanian (GKP) tanpa dipungut biaya.
g. Layanan Informasi
Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :
Sekretariat FORCES di Lt. 1 Gedung Student Center (SC) Lingkar Kampus IPB (Samping Gymnasium) Darmaga, Bogor, Jawa Barat, 16880
Website : www.pimpi.event.ipb.ac.id
Email : pimpi.ipb@gmail.com
Contact Person : KTPTG : Rusti (085641468398)
PIMPI : Mawardi (085780744520)
 Istiqomah (085664926123) 
DOWNLOAD formulir dan panduan KTPTG PIMPI 2012
link tulisan di atas ke http://www.ziddu.com/download/19801190/panduan_KTPTG_PIMPI_2012.pdf.html

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber dengan backlink ke blog info-lomba.com juga. Trims :-)

Follow twitter kami: @infolomba_indo