Frewtion 2011

Deadline: 21 Oktober 2011
Total Hadiah: 10 juta rupiah
dan 20 karya terbaik akan dibukukan.

          Frewtion atau kepanjangannya freedom writing competition 2011 merupakan suatu lomba lomba menulis artikel opini yang diselenggarakan oleh Departemen Kajian dan Strategi BEM FMIPA UI 2011.
Lomba ini mengangkat kata “Pengangguran” sebagai tema besar acara.
      Tema tersebut dipilih atas dasar keprihatinan akan tingginya angka pengangguran di Indonesia. Dengan tingginya angka manusia produktif yang tidak bekerja, maka semakin berat pula beban sosial dan ekonomi yang harus ditanggung masyarakat. Sehingga melalui Frewtion, diharapkan dapat tercipta sebuah kesadaran kolektif mengenai betapa krusialnya isu pengangguran di Indonesia.

Mahasiswa sendiri ternyata memiliki andil yang cukup besar dalam isu ini. Di satu sisi, angkatan kerja yang tercipta dari lulusan perguruan tinggi menjadi faktor resiko meningkatnya angka pengangguran. Namun di sisi lain, mahasiswa dapat berperan aktif untuk ikut mengurangi tingkat pengangguran dengan cara menghasilkan lapangan pekerjaan selepas kuliah nanti. Oleh karena itu, Frewtion membidik mahasiswa sebagai peserta acara.
Acara ini akan diikuti oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia. Peserta akan mengirimkan artikel yang berisi opini serta kritik yang membangun mengenai isu kepengangguran di negara ini. Dalam mengupas isu tersebut, peserta dapat menggunakan salah satu dari 4 sudut pandang (subtema) yang disediakan, yaitu Politik, Ekonomi, Sosiologi dan kemasyarakatan, serta Pendidikan. Seluruh karya yang masuk kemudian akan dinilai oleh tokoh – tokoh yang berkompeten di empat bidang tersebut. Tulisan pilihan, beserta kata pengantar dari juri kemudian akan dibukukan dan dijual secara luas di masyarakat.
Hasil penjualan (royalti) dari buku ini akan disumbangkan ke lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pengentasan kemiskinan melalui penyediaan lapangan kerja. Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk nyata kontribusi Frewtion dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Persyaratan Lomba:
  1. Tulisan bertemakan “Pengangguran di Mata Mahasiswa” peserta dapat memilih 4 pilihan sudut pandang: Pendidikan, Politik, Ekonomi, atau Sosial-Budaya
  2. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu artikel dengan masing-masing sudut pandang yang berbeda
  3. Peserta masih berstatus mahasiswa S1
  4. Tulis data diri (nama, alamat tetap, nomor telepon, email) dan sertakan fotokopi tanda identitas diri (KTP/SIM)
  5. Tulisan asli dan belum pernah dipublikasikan, 5000 karakter, diketik dalam format A4, Times New Roman 12, spasi 1.5
  6. Tulisan dikirim ke:

Sekretariat Pusgiwa FMIPA UI
Kampus Baru UI
Depok 16424