Lomba ESAI IEO 2012


KOMPETISI DAN DISKUSI IEO 2012
Kompetisi dan Diskusi IEO 2012 terdiri dari tiga rangkaian acara, yaitu kompetisi esai universitas se-Indonesia,presentasi esai bagi para finalis peserta kompetisi esai IEO 2012, serta diskusi pembuatan rekomendasi kebijakan.
KOMPETISI/Lomba ESAI IEO 2012
Kompetisi IEO 2012 terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu kompetisi esai Universitas se-Indonesia dan tahap final yaitu presentasi esai bagi para finalis peserta esai IEO 2012.
Seluruh esai yang masuk ke panitia Kompetisi dan Diskusi IEO 2012 akan diseleksi dan dikerucutkan menjadi 10 peserta terbaik, dimana kesepuluh peserta tersebut berhak melanjutkan tahapan selanjutnya di Depok.


HADIAH KOMPETISI ESAI IEO 2012
Juara  I  : Rp 2.000.000,00
Juara  II : Rp 1.500.000,00
Juara III : Rp 1.000.000,00



Persyaratan Kompetisi Esai

  1. Peserta adalah mahasiswa S1 atau D3 yang masih aktif di seluruh Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta di Indonesia
  2. Peserta terdiri dari perseorangan maupun tim dengan jumlah maksimal  2 orang per tim, dimana setiap peserta hanya dapat  mengirimkan satu esai saja.
  3. Esai ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia baku yang baik dan benar
  4. Esai merupakan hasil karya orisinal (bukan hasil plagiat) dan belum pernah dipublikasikan di media manapun dan digunakan untuk kegiatan kompetisi sejenis lainnya
  5. Para peserta diperbolehkan untuk dibimbing secara intensif oleh pihak yang dianggap peserta mampu membimbing mereka (esai harus tetap orisinal, bukan hasil plagiarisme).
  6. Peserta wajib menyertakan sumber-sumber data dan kutipan yang digunakan dalam esai, baik berupa daftar pustaka maupun catatan kaki (footnote).
  7. Peserta Kompetisi Esai IEO dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 50.000,00 dapat dibayarkan pada nomor rekening 157-000-299-0167 atas nama Elizabeth Rosalina GultomBank Mandiri KK UI Depok pembayaran paling lambat dilakukan pada Rabu, 5 Oktober 2011 setelah melakukan pembayaran harap melakukan konfirmasi kepada panitia pada nomor 085691919304.
  8. Peserta yang berhasil masuk ke tahap berikutnya, yaitu tahap Final Kompetisi Esai IEO 2012 dikenakan biaya akomodasi selama rangkaian acara sebesar Rp 250.000,00 (bagi peserta yang menginap) dan Rp 100.000,00 (bagi peserta yang tidak menginap). Biaya akomodasi dapat dibayarkan pada nomor rekening 157-000-299-0167 atas namaElizabeth Rosalina GultomBank Mandiri KK UI Depok.
Kriteria Penilaian Esai
  1. Ketajaman analisa. (30%)
  2. Ide, inovasi, dan orisinalitas. (25%)
  3. Kelengkapan data, relevansi data, dasar teori, dan kemampuan argumentasi (menghubungkan masalah, teori, disertai dengan ketersediaan data yang relevan, dan argumentasi yang kuat). (25%)
  4. Sistematika penulisan dan tata bahasa tulisan. (10 %)
  5. Penggunaan sumber serta referensi dan pencantuman. (10 %)
Sifat dan Isi Tulisan
  1. Esai bertemakan “High Energy Prices : Challenges and Opportunities” dimana dalam kompetisi esai IEO 2012 peserta diminta untuk menulis esai yang berisikan mengenai rekomendasi kebijakan bagi pemerintah mengenai permasalahan High Energy Prices : Challenges and Opportunities yang terjadi di Indonesia, baik untuk Sektor Moneter, Sektor Fiskal ataupun Sektor Rill.
Tingginya harga energi (High Energy Prices) pada tahun 2011 dapat menciptakan tantangan maupun peluang terhadap perekonomian Indonesia. Seperti halnya untuk sektor rill, tingginya harga energi ini telah memukul berbagai sektor rill di Indonesia, seperti industri semen dan perusahaan pembangkit listrik yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakar. Disisi lain tingginya harga energi juga menciptakan suatu peluang investasi lain seperti investasi pada energi alternatif. Namun, tidak hanya sektor Rill yang terkena dampak High Energy Prices, sektor fiskal dan sektor moneter juga terkena dampak akibat tingginya harga energi tersebut.
Dalam Sektor fiskal, fluktuasi harga energi pada tahun 2011 terutama harga minyak bumi sangat membebani APBN Indonesia yang menciptakan suatu tantangan terhadap perekonomian. Hal ini disebabkan oleh membengkaknya subsidi energi sehingga mengorbankan pos belanja lain yang lebih penting, seperti pendidikan, pembayaran beban utang, dan belanja pegawai. Pemerintah dihadapkan dengan pilihan mempertahankan beban subsidi atau melakukan pembatasan subsidi energi bahkan mencabutnya.
Selain itu tantangan juga datang dari sektor moneter, seperti halnya target inflasi pemerintah dalam APBN 2011 adalah sebesar 5,3 persen atau 5,65 persen pada APBNP 2011. Target ini dapat dicapai jika pemerintah tidak menaikan harga BBM pada tahun 2011 ini. Hal ini dikarenakan harga BBM bersubsidi cukup sensitif terhadap inflasi. Kenaikan harga BBM sebesar Rp500 dapat mengakibatkan kenaikan inflasi sebesar 0,25 persen. Gubernur BI, Darmin Nasution, mengatakan bahwa kejelasan kebijakan pemerintah tentang BBM pada tahun ini (apakah tetap,  dibatasi, atau bahkan dicabut) akan membuat tekanan inflasi pada 2012 dapat lebih terkendali.
Peserta Kompetisi Esai IEO 2012 diharapkan dapat memberikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah untuk mengatasi permasalahan mengenai high energy prices: challenges and opportunities yang terjadi di Indonesia. Peserta kompetisi esai IEO 2012 dapat memberikan rekomendasi kebijakan dengan hanya memilih salah satu dari subtema dibawah ini.
Subtema Esai Rekomendasi Kebijakan IEO 2012:
  • Esai Rekomendasi Kebijakan bagi Sektor Moneter terkait High Energy Prices : Challenges and Opportunitiesyang terjadi di Indonesia. Peserta diharapkan dapat merekomendasikan kebijakan moneter apa yang dapat dilakukan Otoritas Moneter untuk merespon dampak tingginya harga energi di Indonesia.
  • Esai Rekomendasi Kebijakan bagi Sektor Fiskal terkait High Energy Prices : Challenges and Opportunities yang terjadi di Indonesia. Peserta diharapkan dapat merekomendasikan kebijakan fiskal apa yang seharusnya dilakukan pemerintah untuk merespon dampak akibat tingginya harga energi serta konsekuensi logis akibat kebijakan itu.
  • Esai Rekomendasi Kebijakan bagi Sektor Rill terkait High Energy Prices : Challenges and Opportunities yang terjadi di Indonesia. Peserta diharapkan dapat memberikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah untuk merespon dampak  akibat tingginya harga energi guna melindungi sektor rill.
Peserta Esai Rekomendasi Kebijakan diwajibkan hanya memilih satu diantara ketiga sub tema diatas.
  1. Logis dan Sistematis, yaitu esai harus ditulis secara sistematis dan runut dimulai dari pemaparan dan latar belakang masalah, isi (pembahasan), dan kesimpulan. Isi esai juga harus logis (bila memungkinkan didasarkan atas teori keilmuan tertentu).
  2. Objektif, yaitu esai harus disertai data-data yang akurat (beserta sumbernya) dan dapat dipertanggungjawabkan. Esai juga tidak boleh ditulis berdasarkan emosional penulis dan tidak mengandung unsur-unsur SARA serta tidak subjektif dalam memandang permasalahan yang diangkat.
  3. Orisinalitas, yaitu esai harus orisinal dan bukan hasil plagiarisme (menjiplak karya orang lain). Setiap data harus dicantumkan sumber, informasi yang didapat dari berbagai media harus disertakan dalam catatan kaki atau daftar pustaka.
Format Penulisan Esai
  1. Esai harus diketik dengan huruf  Times New Roman; ukuran huruf 12 dengan spasi 1,5; kertas ukuran A4; dan ketentuan margin samping kanan, atas, dan bawah 3 cm dan margin samping kiri 4 cm.
  2. Esai terdiri dari 5-7 halaman (tidak termasuk data berupa grafik dan tabel)
  3. Esai menyertakan sebuah Abstraksi maksimal satu halaman, yang berisi gambaran singkat mengenai isi esai. Abstraksi dapat ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.
  4. Tata cara penulisan esai dan pencantuman referensi (daftar pustaka dan catatan kaki) mengikuti kaidah EYD bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sesuai dengan ketentuan penulisan akademik ilmiah
  5. Esai dikirimkan dalam bentuk Microsoft Word (.doc atau .docx atau .rtf) maupun dalam bentuk .pdf melalui email Indonesia Economic Outlook 2012, kompetisi.ieo2012@gmail.com sebagai attachment dan akan mendapat konfirmasi dari panitia jika esai telah diterima oleh panitia.
Subject : Kompetisi Esai IEO 2012_Nama Peserta_Asal Perguruan Tinggi
Isi email (dalam Body Email) : Nama peserta, nomor handphone, alamat lengkap rumah, asal perguruan tinggi beserta jurusan.
Lalu disertakan Attachment dari Esai tersebut.
Esai akan diterima oleh panitia terakhir pada Rabu, 5 Oktober 2011, Pukul 23.59 WIB.
Pengumuman untuk peserta kompetisi esai yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya yaitu Tahap Presentasi Final Kompetisi Esai IEO 2012  akan diberitahukan oleh panitia dengan menghubungi para peserta baik melalui telepon maupun email pada Senin,  7 November 2011.
PRESENTASI FINAL KOMPETISI ESAI IEO 2012
Kesepuluh peserta yang lolos kompetisi esai diwajibkan mempersiapkan presentasi mengenai esainya dalam bentuk Power Point yang akan disampaikan dihadapan juri.
Kriteria penilaian pada babak presentasi:
  1. Bobot dari Isi essay yang disajikan (logis dan dapat diterima)
  2. Cara penyampaian
  3. Kemampuan menjawab pertanyaan juri
  4. Kemampuan mempertahankan argumen
  5. Sistematika penyajian bahan
Presentasi Final Kompetisi Esai IEO 2012 akan dilaksanakan pada,
Hari/tanggal     :           Selasa, 22 November 2011
Waktu             :           Pukul 08.00-13.00
Tempat           :           PGN FEUI Depok
ALUR LOMBA FINAL KOMPETISI ESAI IEO 2012
Seleksi 10 Esai Terbaik
Peserta mengumpulkan esai kepada panitia dalam jangka waktu yang ditentukan, setelah itu juri akan menilai dan memilih 10 besar esai terbaik untuk dipresentasikan pada babak final.
Pengumuman Hasil Seleksi 10 Karya Tulis Terbaik
Pengumuman yang lolos akan diberitahukan melalui email atau via telepon, dalam lomba ini 10 esai terbaik diundang ke FEUI untuk mempresentasikan tulisannya. Akan didapat juara 1, 2, dan 3. Sepuluh tim terbaik yang berhak tampil di babak final harus menyiapkan slide Ms.Powerpoint yang telah siap untuk dipresentasikan pada saat final.
Ketentuan Slide Presentasi :
  1. 1. Presentasi memuat garis besar esai
  2. 2. Slide disertai dengan nama peserta
  3. 3. Slide TIDAK menyertakan asal universitas peserta
  4. 4. Diketik dengan huruf yang jelas dan mudah dibaca
  5. 5. Slide dapat berisikan tulisan dan gambar, dapat juga dilampirkan foto, bagan atau grafik

Pelaksanaan Presentasi Final
Peserta mempresentasikan esainya di hadapan juri dan peserta lainnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah itu, juri akan memberikan penilaian dan memilih juara-juara kompetisi esai.
Tata cara presentasi :
Peserta dari masing-masing universitas akan diberikan waktu untuk presentasi selama 15 menit dan tanya jawab dilakukan oleh juri selama 10 menit.
Bobot Penilaian
Esai Rekomendasi Kebijakan  : 60 %   dan  Presentasi : 40 %
Penilaian Esai dan Presentasi akan diakumulasikan sehingga akan diperoleh Juara 1, 2, dan 3. Bobot penilaian adalah Esai (60%) dan Presentasi (40%).

Technical Meeting Untuk Diskusi Pembuatan Rekomendasi Kebijakan dan Final Kompetisi Esai
Peserta yang karyanya terpilih dalam 10 besar esai terbaik wajib hadir pada hari Minggu tanggal  20 November 2011 untuk menghadiri technical meeting. Pada saat technical meeting, peserta akan diberikan briefing dan guideline mengenai diskusi pembuatan rekomendasi kebijakan dan final presentasi kompetisi esai.



Contact Person Kompetisi dan Diskusi IEO 2012:
Apabila ada hal-hal belum dimengerti harap hubungi kami di nomor berikut : 085691919304 (Nanda)


Referensi : http://ieo-feui.com/?page_id=55